Ribuan Pelajar di Kota Kediri Bersih-bersih Sampah di Sungai Brantas bersama Wali Kota

Ribuan Pelajar di Kota Kediri Bersih-bersih Sampah di Sungai Brantas bersama Wali Kota Wali Kota kediri Abdullah Abu Bakar saat bersama para pelajar bersih-bersih bantaran Sungai Brantas. foto: arif kurniawan/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bertepatan dengan peringatan hari PGRI dan KORPRI, ribuan pelajar dari berbagai tingkatan bersama para PNS di lingkungan Pemkot , melakukan aksi bersih-bersih sampah di sepanjang Bantaran . Gerakan ini merupakan bentuk dari kampanye bebas sampah, sekaligus awal dari program pembukaan ruang publik di tepi .

Gerakan bersih-bersih Bantaran ini dipimpin langsung oleh Walikota , Abdullah Abu Bakar. Sementara pelajar yang terlibat mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dalam kesempatan itu, Walikota memberikan contoh secara langsung kepada para pelajar bagaimana cara membersihkan sampah yang berserakan di Bantaran . Mas Abu -sapaan akrab Walikota - juga mengajari mereka bekersama untuk saling membantu dalam gerakan bersih-bersih menggunakan alat kebersihan dan kantong plastik.

Menurut Mas Abu, merupakan wajah dari Kota yang selama ini diabaikan. Banyak masyarakat tidak peduli, bahkan sengaja menciptakan pencemaran di sana. Mereka nekat membuang sampahnya ke , padahal Pemkot telah mengeluarkan peraturan larangan membuang sampah sembarangan.

“Kita ingin buat gerakan positif membersihkan Bantaran . Sebab, selama ini yang terjadi, sungai bukan wajah dari kita. Bahkan mereka membangun dengan membelakangi sungai. Oleh karena itu, sungai di Kota ini kotor terus. Padahal sungai ini pemberian Tuhan untuk kita semua. Makanya kita membuat gerakan mengajarkan kepada anak-anak, kepada pelajar untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan seperti bersih-bersih Bantaran ini,” kata Mas Abu, Jumat (27/11).

Gerakan bersih-bersih di Bantaran ini, kata Mas Abu merupakan awal dari program pembukaan ruang terbuka publik di sana. Dia melihat ada potensi besar dari kawasan di tepi yang dapat dimanfaatkan untuk wahana bermain dan berolahraga. Sehingga Mas Abu berjanji akan segera meminta izin dari kementerian terkait untuk menyulap bantaran sungai brantas menjadi kawasan terbuka publik yang menyenangkan.

Dalam kegiatan bersih-bersih Bantaran tersebut, para pelajar tampak sangat antusias. Mereka saling bekerjasama memungut sampah yang berserakan kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik. Sampah yang telah terkumpul lalu dibawa ke truk pengangkut sampah dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) setempat.

Dimas (10) salah seorang pelajar yang ikut dalam kegiatan bersih-bersih Bantaran mengaku, sudah terbiasa bekerja bakti bersama bersih-bersih sampah seperti yang dilakukan hari ini. Menurutnya, selain melakukan bersih-bersih secara rutin, masyarakat harus peduli terhadap lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Sementara itu, untuk mewujudkan mimpinya menyulap ruang terbuka publik di Bantaran , Walikota berencana menggalakkan kegiatan bersih-bersih di Bantaran secara rutin. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara bersama-sama dan masif. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO