Tingkatkan Kualitas SDM, Polres Bondowoso Gembleng Anggota Satpol PP

Tingkatkan Kualitas SDM, Polres Bondowoso Gembleng Anggota Satpol PP

BONDWOSO, BANGSAONLINE.com - Jajaran Kepolisian Polres Bondowoso melatih puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bondowoso yang mengikuti pelatihan Kesamaptaan, Kamis (26/11). Hal ini dilakukan karena anggota Satpol PP memiliki peran yang sangat penting dalam hal penyelenggaraan pemerintahan. Salah satunya dalam hal menjaga ketertiban dan ketentraman serta penegakan peraturan daerah (Perda).

Wakapolres Bondowoso Kompol Imam Pauji, SH, M.Si. mengungkapkan, dalam pelatihan kesemamptaan ini, puluhan anggota Satpol PP Kabupaten Bondowoso selain diberi materi pembinaan fisik juga diberikan praktek langsung.

“Kami latih push up, sit up, lari serta keterampilan lain di antaranya cara menggunakan borgol, senam tongkat dan beladiri Polri dengan harapan Satpol PP ini dilatih agar diri mereka memiliki sikap jasmani yang tegas tangkas, rasa disiplin & rasa tanggung jawab, sehingga dapat menunjang kinerja sebagai abdi masyarakat,” jelasnya.

Lanjut Imam Pauji, dari beberapa materi yang sudah diajarkan itu materi juga mengacu ke UU Tahun 2009 tentang LLAJ, TP TKP Lantas, PPGD, PBB, Pengaturan Lalin, dan senam lantas. Materi sampaikan secara teori dan praktek kepada 20 anggota Satpol PP.

Sementara Kepala Sat Pol PP Kabupaten Bondowoso, Slamet Yantoko mengatakan, pelatihan kesemaptaan jajarannya bersama personil Polri ini, dimaksudkan untuk lebih meningkatkan keterampilan, kinerja dan kedisiplinan personilnya dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) mereka sebagai komponen penting daerah.

“Oleh sebab itu kami berharap dengan dilatihnya kesemaptaan tersebut profesionalisme dan disiplin kerja jajaran Pol PP bisa lebih baik lagi,” imbuhnya

Slamet juga berpesan agar personel yang ikut serta tidak merasa terbebani. Hal itu terkait ke depannya tantangan yang dihadapi personel Sat Pol PP akan lebih berat lagi, sehingga masing-masing personel harus terbekali tidak hanya dengan performa fisikal semata, namun harus membekali diri dengan kemampuan penunjang lain seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan humanistik serta kemampuan penting lainnya.

“Ini adalah kesempatan yang sangat berharga, untuk itu saya minta kepada anggota yang diikut sertakan agar menjalaninya dengan bersungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab agar usai mengikuti pelatihan akan menjadi personil Pol PP yang lebih profesional dan berdisiplin tinggi,” pungkasnya. (gik/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO