Kecam Teror di Lumajang, Puluhan Wartawan di Malang Gelar Aksi di Balai Kota

Kecam Teror di Lumajang, Puluhan Wartawan di Malang Gelar Aksi di Balai Kota

MALANG, BANGSAONLINE.com Berbagai media yang ada di Malang Raya, kurang lebih sebanyak 40 orang jurnalis melakukan aksi unjuk rasa dan menyatakan penyesalannya terkait bentuk-bentuk intimidasi seperti yang dialami tiga wartawan televisi di Lumajang Jawa Timur.

Berorasi di depan gedung Balai Kota dan DPRD Kota Malang, puluhan jurnalis ini menggelar aksi demo. Aksi ini diikuti wartawan dari berbagai organisasi yakni, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), serta Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Senin (9/11).

"Kami sepakat dan meminta kepada Polri untuk mengusut pelaku intimidasi serta teror yang ditujukkan kepada rekan-rekan sesama profesi di-Lumajang,” ujar salah satu orator.

Tidak hanya di tingkat Polres Lumajang, puluhan awak media ini menuntut juga Kapolda Jatim agar serius menangani kasus teror dan ancaman terhadap jurnalis. “Karena, kerja jurnalis dilindungi undang-undang. Usut secara tuntas siapa pelaku aksi teror jurnalis yang mengancam kebebasan pers dimanapin berada," ujar Yatimul, salah satu wartawan yang juga ikut aksi.

Dalam aksi kali ini para insan pers ini juga membawa berbagai poster, salah satunya bertuliskan: “Lawan Kekerasan Kepada Insan Pers/Jurnalis”. (thu/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO