Kecelakaan Mobil Rombongan Jamaah Syadziliyyah: Ditabrak KA karena Palang Pintu tak Ditutup

Kecelakaan Mobil Rombongan Jamaah Syadziliyyah: Ditabrak KA karena Palang Pintu tak Ditutup

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sebuah minibus bernomor polisi S 7536 AA warna oranye ditabrak kereta api barang di Jalan HOS Cokroaminoto Minggu (18/10) sekitar pukul 12.00 wib. Minibus itu membawa 16 penumpang dari jamaah tareqat Syadziliyyah dan satu sopir.

Akibat kecelakaan ini, tiga jamaah meninggal dunia yaitu Suprayitno, Ali Nur Hidayat, M Hamdan. Ketiga jenazah dibawa ke RSUD Sosodoro Djatikusumo. Sedangkan 13 jamaah yang mengalami luka ringan dan berat antara lain Muktasam, Busiawati, Sulinawati, Abdul Rozak, M Khoirudin, Alfi, Khoirusi istri Hamdan, Anak Perempuan Hamdan, anak laki-laki Hamdan, Wikianto, dan Muslih. Sopir minibus, Ali Parsim juga terluka luka ringan dan dirawat di RS Wahyu Tetuko Bhayangkara.

Menurut saksi mata yang melihat langsung peristiwa itu, Sugeng, pada saat kereta menabrak, tak ada bunyi sirine sebagai peringatan kepada pengendara yang akan melintas rel, palang pintu rel juga tidak ditutup oleh petugas.

"Saya tahu setelah mendegar suara bruk. Lalu mobil itu ngguling. Sebelumnya palang pintu masih terbuka," ujar Sugeng.

Kondisi minibus ringsek di bagian belakang sebelah kiri, pintu penumpang belakang sebelah kiri juga ringsek, kaca depan dan belakang minibus pecah. Bamper mobil yang terdapat plat nomor polisi lepas dari badan mobil. Setelah kereta menabrak bagian belakang sebelah kiri minibus, palang pintu baru bergerak menutup perlintasan.

Sugeng adalah penjual es degan di trotoar berjarak sekitar 20 meter dari perlintasan. Saat di stan dagangannya, Sugeng bersama beberapa warga lainnya. Sugeng dan warga terkejut ketika mendengar suara keras kereta menabrak minibus. Minibus itu terguling, posisinya berada di atas rel sebelah rel yang dilintasi kereta barang. “Kami terkejut lalu menoleh ke rel, di sana, mobil sudah terguling,” katanya.

Saksi mata lainnya, Eka senada dengan Sugeng. Eka yang saat peristiwa berlangsung berjarak beberapa meter saja dari rel. Eka melihat minibus terguling beberapa kali dan akhirnya berhenti ketika minibus berada di atas rel lainnya. “Saya tadi melihat setelah mobil itu ditabrak, langsung terguling beberapa kali,” katanya.

Kata Eka, minibus datang dari arah utara ke selatan dengan laju kendaraan pelan. Sedangkan kereta api dari arah timur ke barat di rel sebelah utara. Tak ada kerusakan di palang pintu perlintasan kereta.

Sementara itu, penjaga palang pintu perlintasan kereta api, Lilik Purwanto membantah tidak menutup palang pintu ketika kereta lewat. Ia malah menyalahkan sopir minibus yang menerobos palang pintu. “Intinya, mobil itu menerobos, saya sudah menutup,” katanya.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO