Jelang Idul Adha, Dispertan Kab Kediri Sidak Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Dispertan Kab Kediri Sidak Hewan Kurban Petugas saat memeriksa hewan kurban di salah satu peternak. foto: arif kurniawan/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menjelang hari raya idul adha, Dinas Peternakan (Dispertan) Kabupaten Kediri, Selasa (15/9) pagi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) hewan kurban kambing dan sapi. Dari dua tempat pedagang hewan kurban yang disidak, petugas Dispertan memeriksa hewan kurban.

Dalam sidak itu, rombongan tim Dispertan Kabupaten Kediri mengunjungi pedagang kambing Agus Mujiono di Dusun Sumberjo, Desa Joho, Kecamatan Ngasem dan pedagang sapi Mu'alim Dusun Kweden, Desa Karangrejo, Kabupaten Kediri. Di dua lokasi tersebut tim Dispertan melakukan pemeriksaan kondisi hewan kurban mulai dari gigi hingga bagian alaminya.

Kasi Bidang Kesehatan Hewan, Kabupaten Kediri, Apriati Dwiwin Dyastuti, menuturkan jika dari hasil sidak di dua tempat tersebut tidak ditemukan hewan yang sakit. "Hari ini sidak di dua tempat dan kondisinya hewan bagus serta sehat. Tempatnya juga bersih dan terawat," jelas Kasi Bidang Kesehatan Hewan.

Selain itu, tim Dispertan Kabupaten Kediri juga memberikan imbauan kepada padagang dan pembeli hewan kurban, agar berhati-hati dalam merawat dan membeli hewan kurban. "Harap dicek kondisi hewannya, mulai dari gigi, tubuh dan bagian alaminya yakni anus. Semisal ada hewan yang bagian kelopak matanya luka segera diobati," pungkasnya. (kdr1/rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO