Pemkot Kediri Paparkan Progres Smart City di Evaluasi Tahap I

Pemkot Kediri Paparkan Progres Smart City di Evaluasi Tahap I Sejumlah OPD di Kota Kediri saat mengikuti Evaluasi Tahap I yang digelar Kemenkominfo selaku Tim Assesor Smart City secara daring. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebagai upaya Pemkot Kediri dalam mewujudkan pelaksanaan Smart City, sejumlah OPD pelaksana mengikuti Evaluasi Tahap I yang digelar pada hari ini, Senin (24/6/2024). Agenda tersebut diadakan Kementerian Kominfo selaku Tim Assesor Smart City secara daring.

Diskominfo Kota Kediri selaku leading sector program Smart City memaparkan progres tindak lanjut dari rekomendasi hasil evaluasi implementasi tahun lalu. Adapun hasil evaluasi yang dilaporkan terdiri atas 5 rekomendasi, yaitu mengedukasi dan mengajak seluruh stakeholder dalam kegiatan Smart City

Lalu, melibatkan perguruan tinggi dan komunitas-komunitas dalam melaksanakan pengembangan Smart City, mereviu masterplan untuk menyesuaikan dengan kondisi eksisting, menjadikan Bahasa Inggris sebagai syarat perekrutan SDM yang bekerja dan terlibat dalam operasional bandara maupun pelayanan publik, serta melibatkan OPD dan mempertimbangkan kondisi lapangan dalam penyusunan masterplan.

Kepala Diskominfo Kota Kediri, Apip Permana, mengatakan bahwa terkait proses reviu masterplan Smart City, Kota Kediri direkomendasikan untuk melakukan reviu masterplan agar menyesuaikan dengan kondisi eksisting, oleh karena itu Pemkot Kediri bekerjasama dengan FILKOM Universitas Brawijaya Malang.

Menurut Apip, saat ini progresnya masih dalam tahap proses penyusunan Laporan pendahuluan. “Sudah kami lakukan kerjasama dengan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yakni Universitas Brawijaya dan alhamdulillah progresnya sudah 75 persen,” ujarnya.

Adapun terkait keikutsertaan stakeholder dan komunitas-komunitas, ia menjelaskan saat ini Pemkot Kediri telah melibatkan komunitas-komunitas di Kota Tahu dalam kegiatan branding.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO