Pemkot Mojokerto Hadirkan Teman Puskeswan

Pemkot Mojokerto Hadirkan Teman Puskeswan Pj Wali Kota Mojokerto, M. Ali Kuncoro.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) membuat inovasi berupa Teman Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) atau akronim dari Janji Temu dengan Dokter Hewan Puskeswan. 

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memberi kemudahan bagi pemilik hewan yang ingin melakukan pemeriksaan di UPTD Puskeswan. Kehadiran Teman Puskeswan menjadikan pengelolaan pelayanan kesehatan hewan menjadi lebih efektif dan efisien. 

Melalui aplikasi berbasis website ini, pemilik hewan dapat lebih mudah dalam memilih waktu pemeriksaan untuk hewan kesayangnya sesuai kebutuhan. , M. Ali Kuncoro, menjelaskan terkait inovasi yang dihadirkan.

“Ini lebih efektif dan efisien, karena pasien dapat menghindari antrean panjang di klinik, dengan adanya Teman Puskeswan ini, pemilik hewan dapat mengetahui jadwal praktek dokter hewan di UPTD Puskeswan, dan memilih waktu pemeriksaan sesuai kebutuhan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (27/5/2024).

Ia menambahkan, Teman Puskeswan juga dapat menghindari kasus pasien yang tidak tertangani akibat petugas terkait yang hanya terdiri dari satu orang dokter hewan tengah memvaksin ternak rentan penyakit mulut dan kuku (PMK), dan lumpy skin disease (LSD) di lapangan.

“Dengan sistem manajemen janji temu yang terintegrasi ini, pasien dapat menghindari antrean panjang di klinik dan menghindari kasus pasien yang tidak tertangani akibat petugas Puskeswan sedang turun ke lapangan,” paparnya.

Ali mengatakan bahwa Teman Puskeswan juga berfungsi untuk memperoleh data pemilik hewan, riwayat penyakit hewan, serta penyampaian informasi kesehatan hewan kepada pemilik hewan  yang dapat dilakukan degan lebih mudah dan cepat.

“Tentu ini juga mempermudah kami untuk melakukan pemantauan kesehatan hewan di Kota Mojokerto,” pungkasnya. (ris/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO