Survei Terbaru, Elektabilitas Gus Barra Naik, 52,8 %, Ikfina Turun, Tinggal 29,3 %

Survei Terbaru, Elektabilitas Gus Barra Naik, 52,8 %, Ikfina Turun, Tinggal 29,3 % Dr Muhammad Al Barra (Gus Barra) dan dr. Ikfina Fahmawati. Foto: bangsaonline.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com – Lembaga survei The Republic Institute kembali meliris hasil survei terbarunya untuk . Dari hasil survei terbaru itu terungkap bahwa tokoh-tokoh yang muncul tetap didominasi Bupati Mojokerto dr. dan Wakil Bupati Dr Muhammad Al Barra ().

Yang menarik, dari segi popularitas, Ikfina dan imbang. “ 99,8% dan 99,8%,” kata Dr. Sufyanto, S.Ag, M.Si, peneliti utama lembaga survei The Republic Institute dalam rilisnya kepada BANGSAONLINE.com, Senin (13/5/2024).

Di belakang Ikfina dan muncul nama Titik Masudah (57,9%), Ayni Zuroh (46,8%), Nurida Lukitasari (26,6%), Santoso (23,1%) dan lain-lain.

Menurut Sufyanto, dari data tersebut nampak bahwa Ikfina dan (incumbent) mendominasi popularitas dari pada tokoh yang lainnya.

Tapi, tegas Sufyanto, bila dilihat dari nilai kesukaan (liketabilitas) masyarakat, ternyata unggul telak dibanding Ikfina.

“Tingkat kesukaan masyarakat terhadap sebesar 69,1%,” tutur Sufyanto. Sedangkan Ikfina hanya 40,1 %.

Begitu juga tingkat elektablitas atau keterpilihan. Tren elektabilitas terus melesat. Sementara elektabilitas Ikfina justru turun. 

Menurut Sufyanto, data terbaru hasil survei The Republic Institute menyebutkan bahwa elektabilitas sebesar  52,8%, sedangkan Ikfina 29,3%, Titik Masuda 2,7%, dan Ayni Zuroh 2%.

Sementara elektabilitas tokoh-tokoh di bawah 2%. Menururt Sufyanto, sebesar 10,3% masyarakat belum menentukan pilihan.

“Dari data tersebut, dapat dijelaskan bahwa prosentase masih menjadi tokoh yang dominan, diikuti oleh Ikfina, kemudian diikuti oleh beberapa tokoh dengan angka elektabilitas di bawah 5%,” tegas Sufyanto.

Menurut Sufyanto, angka elektabilitas sangat tinggi sejak awal tahun 2024 disebabkan oleh beberapa faktor.

memiliki kinerja yang dinilai memuaskan, juga dinilai selalu merangkul seluruh organisasi dan komunitas di Kabupaten Mojokerto,” jelasnya.

Selain itu, kata Sufyanto, memiliki wadah untuk tetap hadir ke masyarakat dengan cara berbagi kebaikan yang bisa ia lakukan dengan cara memperluas silaturahim maupun pengajian dan memberi bantuan-bantuan ke masyarakat.

Sufyanto mencatat, bila dibandingkan dengan data survei pada bulan Januari, terdapat tren kenaikan elektabiltas pada , berbanding terbalik pada nilai elektabilitas pada Ikfina.

Menururut dia, survei bulan Januari 2024 angka elektabilitas Ikfina sebesar 32,8% kemudian pada bulan Mei 2024 mengalami penurunan sebesar 3,5% sehingga Ikfina memiliki angka elektabilitas 29,3%.

Lihat juga video 'Borong Melon di Wisata Green House, Gus Barra Berharap Semakin Banyak Agrowisata di Mojokerto':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO