Ini Upaya TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Wujudkan Ketahanan Pangan

Ini Upaya TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Wujudkan Ketahanan Pangan Penanaman padi dalam rangka TMMD ke-120 di Desa Penambangan, Balongbendo, Kamis (9/5/2024). Foto: Ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun 2024 tidak hanya melakukan percepatan pembangunan sarana dan prasarana fisik di desa sasaran.

Namun, juga berupaya membangun kemandirian pangan guna mewujudkan ketahanan pangan lokal serta menjaga keberlanjutan lingkungan.

Upaya tersebut dilakukan dengan melaksanakan kegiatan penanaman padi dan pohon di Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Kamis (9/5/2024).

Kegiatan penanaman padi ini dilakukan oleh Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo didampingi oleh Danramil 0816/10 Balongbendo Kapten Inf Hendro Sugiono dan perwakilan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo Nurwanti Ningsih.

Hadir pula Camat Balongbendo Farhan Jazuli, Kapolsek Balongbendo Kompol Hasim As'ari, Kepala Desa Penambangan Helmi Firmansyah, serta sejumlah pihak terkait lainnya.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan kedatangan Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo dan Ketua Persit KCK Cabang XLIII Dim 0816 Ny Nia Guntung. Selanjutnya dilakukan penanaman padi dan bibit pohon di .

Guntung Dwi Prasetyo menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya nyata dalam membangun kemandirian pangan dan memperkuat kerja sama antara TNI, pemerintah daerah, serta masyarakat Desa Penambangan dalam mewujudkan ketahanan pangan lokal.

"Kegiatan penanaman padi dan pohon ini bukan hanya sekadar upaya untuk meningkatkan produksi pangan, tetapi juga sebagai bagian dari komitmen kami untuk menjaga keberlanjutan lingkungan," tandas Guntung.

Ia berharap dengan adanya kegiatan penanaman padi dan pohon ini, akan tercipta lingkungan yang lebih hijau dan sehat, serta memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat Desa Penambangan dan sekitarnya. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO