Pesan Pj Wali Kota Kediri saat Tonton Lomba Balap dan Kontes Perahu di Kelurahan Pakunden

Pesan Pj Wali Kota Kediri saat Tonton Lomba Balap dan Kontes Perahu di Kelurahan Pakunden Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat melihat perahu mini buatan warga Pakunden. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, menyaksikan lomba balap perahu sekaligus kontes perahu terbaik yang diselenggarakan oleh warga Kelurahan Pakunden, Minggu (21/4/2024).

Kegiatan ini berlangsung di aliran sungai kecil di belakang Kantor Kelurahan Pakunden dan perahu-perahu tersebut akan menyusuri sungai sekitar 500 meter untuk mencapai finish. Terdapat 55 peserta mengikuti ajang tersebut. 

Perahu-perahu yang dilombakan merupakan buatan tangan warga Kelurahan Pakunden. Pada lomba kali ini diambil tiga terbaik sebagai juaranya.

Untuk lomba balap perahu dalam penentuan juaranya dilihat dari kecepatannya mencapai finish. Namun untuk kontes perahu terbaik, penentuan juaranya berdasarkan tingkat kesulitan dalam perakitan perahu, pewarnaan dan kemiripan dengan bentuk aslinya.

Zanariah mengapresiasi atas kreativitas warga Pakunden dalam membuat kegiatan yang unik ini, "Memang sangat perlu adanya kegiatan semacam ini untuk menarik masyarakat luar Kota Kediri untuk berkunjung ke Kota Kediri. Apalagi perahu yang digunakan untuk lomba juga buatan tangan warga sendiri, sehingga ini bisa menjadi peluang penghasilan bagi warga sekitar."

"Kalau banyak orang tahu kegiatan ini, lalu banyak yang datang ke sini dan tertarik dengan perahu buatan warga Pakunden ini, nanti banyak yang pesan ini merupakan sebuah peluang yang harus terus didukung agar bisa lebih baik sekaligus dapat meningkatkan perekonomian," paparnya menambahkan.

Ia pun mengingatkan karena lomba perahu ini dilakukan di sungai, warga harus terus menjaga kebersihan dan kelestarian sungai serta tidak buang sampah di sungai.

"Agar sungai ini dapat menjadi sumber kehidupan masyarakat dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan positif semacam ini, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi yang berkunjung di Kota Kediri,” tuturnya.

Menurut dia, lomba balap perahu seperti ini bisa menjadi contoh daerah lainnya, hanya saja tinggal menyesuaikan dengan potensi yang dimiliki daerah tersebut. Sisi positif lainnya warga sekitar juga bisa berjualan di area lomba sehingga ada perputaran ekonomi di daerah Pakunden ini.

Di akhir acara, Pj Wali Kota Kediri juga menyerahkan hadiah uang tunai kepada para pemenang lomba balap perahu. Juara 1 dimenangkan oleh Perahu Gondang. Juara 2 dimenangkan oleh Perahu Sademo. Juara 3 dimenangkan oleh Perahu Eko, serta Juara Harapan 1 dimenangkan oleh Perahu Nakula. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO