Pipa PDAM di Kota Malang Jebol, Ribuan Warga Terdampak Tak Dapat Air Bersih

Pipa PDAM di Kota Malang Jebol, Ribuan Warga Terdampak Tak Dapat Air Bersih Perbaikan pipa PDAM Permuda Tugu Tirta yang berada di Jalan Ranugrati, Kota Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Pipa Permuda Tugu Tirta yang berada di Jalan Ranugrati, , jebol, Jumat (19/4/2024) sekitar 3.00 WIB.

Hal itu, membuat sebagian jalan ambrol dan satu mobil Toyota Kijang Innova tersangkut saat melintas.

Selain itu, 5.000-7.000 pelanggan kehilangan akses air bersih akibat jebolnya pipa tersebut.

Asisten Manajer Perbaikan Kebocoran dan Rekondisi Perumda Tugu Tirta, Dalmuji mengatakan, pipa itu jebol karena sambungannya lepas.

Menurutnya, besarnya tekanan dari pompa air dan beban kendaraan yang melewati wilayah tersebut, dianggap sebagai penyebab pipa itu jebol.

"Sebenarnya enggak rusak, karena mungkin beban mobil lewat juga bisa, sambungannya itu jadi lepas. Tadi pas ada mobil lewat itu terperosok, awalnya lubangnya kecil, terus lama-lama karena mobilnya tidak bisa jalan, kemudian tanahnya naik semua habis, dalam sekitar 1 meter lebih itu kosong," kata Dalmuji, Jumat (19/4/2024).

Sementara, mobil yang sempat tersangkut, sudah dievakuasi lebih dari pukul 6.00 WIB.

"Terjebaknya sekitar jam 3, terus tadi dievakuasi pakai mobil pikap nggak kuat, terus pakai mobil semacam katrol, kemudian dibantu dari aparat, selanjutnya ditarik baru bisa keluar," katanya.

Ia menyebutkan, Pipa PVC yang pecah itu, berukuran sekitar 12 dim atau 300 mili, diganti dengan pipa baru jenis HDPE dengan panjang 6 meter.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO