Pengamat Politik Beri Pendapat soal Perdamaian Sengketa Caleg PDIP Jatim VI

Pengamat Politik Beri Pendapat soal Perdamaian Sengketa Caleg PDIP Jatim VI Pengamat Politik, George Da Silva

MALANG,BANGSAONLINE.com - Sengketa hasil Pileg tingkat Provinsi dari partai (PDIP) Dapil VI Malang Raya antara H. Gunawan dan Saifudin Zuhri akhirnya diselesaikan melalui jalan damai dan kekeluargaan.

Ada peran Ahmad Basarah, politikus senior PDIP yang menyaksikan dan mengajak keduanya duduk bersama untuk membuat kesepakatan dalam penyelesaian persoalan antara H Gunawan dan Saifudin Zuhri secara kekeluargaan.

Bahkan, pihak Abah Gunawan yang diwakili putranya, Vebry Wirantha dan Saifudin Zuhri juga telah datang memenuhi undangan DPD Jatim di Surabaya untuk melakukan klarifikasi.

DPD Jatim sangat mengapresiasi kesepakatan damai yang telah diambil H. Gunawan dan Saifudin Zuhri.

Di sisi lain, Pengamat Politik George Da Silva menanggapi berbeda soal jalur damai dan kekeluargaan sengketa pileg DPRD Jatim Dapil VI Malang Raya antara Gunawan dengan Saifudin Zuhri.

"Keduanya telah bersepakat untuk kembali saling merangkul demi . Memang ada peran politik senior , Ahmad Basarah yang mengajak Gunawan dan Saifudin Zhuri untuk duduk bersama dengan kepala dingin dan mencari solusi di kediaman Gunawan," ungkap George Selasa (26/03/24) malam

Menurutnya pada pertemuan yang dilakuka di kediaman H. Gunawan tersebut, juga disaksikan Bupati Malang, HM Sanusi, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, I Made Riandiana Kartika, Ketua DPRD Kota Malang sekaligus Ketua DPC PDIP Kota Malang, termasuk Saifudin Zhuri sebagai Sekretaris DPC PDIP Kota Batu.

"Apalagi, sudah disaksikan Bupati, Wabup Malang dan Ketua DPC PDIP Kota Malang ini ada solusi yang baik," jelas George.

Selain itu, George yang juga Direktur Lembaga Analis Politik dan Otonomi Daerah (LAPODA), menanggapi video yang beredar saat Basarah berpidato menyampaikan soal perjanjian, dan keinginannya agar keduanya dilantik.

Menurutnya, pertama bahwa kehadiran Ahmad Basarah sebagai penengah, dan merujuknya kembali kedua kader Caleg PDIP Dapil Jawa Timur VI.

"Ini, merupakan hal yang luar biasa untuk menjaga marwah, harkat diri baik secara umum maupun khususnya di Malang Raya, agar terciptanya kondisi politik yang adem," katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO