Kepala BNPB Minta Penanganan Korban Gempa Fokus Pemenuhan Kebutuhan Dasar

Kepala BNPB Minta Penanganan Korban Gempa Fokus Pemenuhan Kebutuhan Dasar Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani secara simbolis menerima bantuan dari Kepala BNPB Letjen Suharyanto. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto meminta penanganan korban gempa bumi fokus pada kebutuhan dasar.

Hal ini disampaikan Suharyanto saat melakukan pertemuan dengan Pj Gubernur Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono, , Bupati Lamongan Yuhronur Effendi, serta kepala daerah yang wilayahnya terdampak gempa bumi di Ruang Graita Eka Praja Kantor Pemkab Gresik, Senin (25/3/2024).

Suharyanto menyampaikan, tanggap bencana akan difokuskan di karena sulitnya transportasi ke lokasi terdampak.

Pengiriman bahan dasar logistik berupa makanan pokok, pakaian, dan sanitasi menjadi prioritas awal. Kemudian baru masuk pada tahap pendataan dan penggantian kerugian infrastruktur yang rusak akibat gempa.

"Saya mohon agar kebutuhan dasar didahulukan. Ini termasuk kebutuhan normatif, mungkin ada kebutuhan spesifik seperti pakaian wanita dan makanan bayi. Karena sifatnya pendahuluan, kalau kurang bisa diajukan," pintanya.

Ia juga berpesan agar koordinasi terus dilakukan. Terkait kebutuhan, bisa didata secara berkelanjutan sampai status tanggap darurat selesai dan tidak ada gempa susulan.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO