NASA Sebut Jelang Idul Fitri akan Terjadi Gerhana Matahari Total, Bisakah Dilihat di Indonesia?

NASA Sebut Jelang Idul Fitri akan Terjadi Gerhana Matahari Total, Bisakah Dilihat di Indonesia? NASA Sebut Jelang Idul Fitri akan Terjadi Gerhana Matahari Total, Bisakah Dilihat di Indonesia?. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan bahwa sebagian wilayah Bumi akan mengalami gerhana Matahari total pada hari Senin 8 April 2024, tepatnya beberapa hari menjelang .

Gerhana Matahari total akan dimulai dari Samudra Pasifik Selatan dan jika cuaca mendukung, gerhana akan melintasi beberapa wilayah di benua Amerika.

Gerhana Matahari total pertama kali akan melintas di Pantai Pasifik Meksiko, Amerika Selatan sekitar pukul 11.07 waktu setempat.

Muh. Ma'rufin Sudibyo selaku astronom amatir Indonesia mengatakan bahwa gerhana Matahari total tidak bisa dilihat di Indonesia, baik ditinjau dari zona penumbra maupun umbra.

Ma'rufin mengatakan, pada zona penumbra, yakni daerah yang melihat gerhana Matahari total hanya mencakup Benua Amerika bagian utara dan tengah saja.

Selain wilayah Benua Amerika, terdapat juga sebagian kecil Benua Eropa seperti Inggris Raya yang akan mengalami gerhana Matahari total.

Zona umbra lainnya yaitu daerah yang melihat sebagian gerhana Matahari, hanya mencakup wilayah dengan lebar maksimum 200 kilometer.

"Gerhana takkan terlihat di Indonesia karena terjadi saat tengah malam," ujar Ma'rufin.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO