Sejumlah Santri di Pondok Pesantren Lirboyo Ngaji Kitab Kuning saat Ramadan

Sejumlah Santri di Pondok Pesantren Lirboyo Ngaji Kitab Kuning saat Ramadan Santri saat mengikuti ngaji kitab kuning di Masjid Lawang Songo, Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mengaji kitab kuning sudah menjadi agenda rutin bagi santri Pondok Pesantren pada , khususnya bagi santri yang sedang tidak pulang kampung. Pun begitu pada bulan 1445 Hijriah atau tahun 2024 ini, juga dilakukan.

Meski seharian Kota diguyur hujan, tidak mengurangi minat sejumlah santri di sana untuk ikut di Masjid Agung Lawang Songo, bangunan yang sudah ada sejak abad ke-17 itu, Kamis (14/3/2024).

Mereka mempelajari berbagai aspek agama dan ilmu pengetahuan yang terkandung dalam kitab kuning, mulai dari tafsir Alquran hingga fikih yang dipandu salah satu kiai pengasuh Pondok Pesantren .

Kitab kuning mencakup berbagai topik keislaman, mulai dari tafsir Alquran hingga fikih (hukum Islam), sejarah Islam, dan berbagai aspek lain dari agama dan ilmu pengetahuan. Selain itu, kitab kuning juga berisi literatur Arab yang digunakan sebagai referensi utama dalam tradisi pesantren.

Fuad, salah satu santri yang ikut ngaji kitab kuning, mengatakan, dalam kehidupan pesantren, kitab kuning memang menjadi salah satu sumber pembelajaran. Para santri belajar membaca, memahami, dan menghafal kitab kuning untuk mendalami ilmu agama Islam.

"Kami mengikuti kajian kitab kuning di Masjid Lawang Songo. Tapi tempat , sebenarnya tidak hanya di dalam masjid Lawang Songo saja, tapi juga ada di tempat lain di komplek Ponpes ini," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com.

Menurut dia, untuk mengikuti ngaji kitab kuning ini, para santri memang bebas memilih ke tempat mengaji yang dipimpin oleh kiai yang mana. Sebab, sejak pagi hingga usai tarawih selalu ada jadwal mengaji kitab dan Alquran.

Perlu diketahui, Masjid Agung Lawang Songo Pondok dibangun setelah 2 tahun Ponpes berdiri. Ponpes sendiri didirikan oleh KH. Abdul Karim menantu KH. Sholeh dari Banjarmlati, .

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO