Beberapa Langkah yang Dilakukan Pemkot Mojokerto Berhasil Tekan Angka Kemiskinan Ekstrem hingga 0%

Beberapa Langkah yang Dilakukan Pemkot Mojokerto Berhasil Tekan Angka Kemiskinan Ekstrem hingga 0% Pj Wali Kota Mojokerto saat blusukan ke rumah salah satu warganya (dok. Ist)

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Tercatat saat ini tidak ada lagi warga Kota Mojokerto yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrem.

Hal ini berdasarkan perhitungan estimasi angka kemiskinan ekstrem tingkat kabupaten/kota tahun 2023 dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ().

Sebagaimana disebutkan dalam surat Nomor B-464/35/D-I/KPS.01.00/02/2024 tanggal 26 Februari 2024, berdasarkan perhitungan estimasi yang dilakukan oleh BPS kemiskinan ekstrem di Kota Mojokerto tahun 2023 telah turun menjadi 0 jiwa dari 1.450 jiwa pada tahun 2022.

Demikian halnya estimasi dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari 1,10 persen pada tahun 2022 menjadi 0 persen pada tahun 2023.

"Alhamdulillah, angka kemiskinan ekstrem Kota Mojokerto sudah mencapai target nasional yaitu nol. Kami ucapkan terimakasih atas kerja keras seluruh pihak yang berkomitmen dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem," kata Pj Wali Kota Moh. Ali Kuncoro (12/3/2024).

Ia mengatakan berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkot Mojokerto agar masyarakat yang masuk kategori kemiskinan ekstrem tidak lagi masuk dalam kategori ini.

“Ada tiga strategi yang diterapkan untuk menghilangkan kemiskinan ekstrem di Kota Mojokerto, pertama dengan mengurangi beban pengeluaran, kedua peningkatan pendapatan dan yang ketiga adalah penghapusan kantong kemiskinan,” terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO