Pesan Pj Wali Kota Kediri saat Resmikan Pengembangan Pembangunan Pasar Grosir Ngronggo

Pesan Pj Wali Kota Kediri saat Resmikan Pengembangan Pembangunan Pasar Grosir Ngronggo Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat meninjau salah satu kios buah semangka. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, meresmikan pengembangan Pasar Grosir Buah dan Sayur Ngronggo, Kamis (7/3/2024). Pengembangan pembangunan pasar grosir ini berupa pembangunan kios dan sarana prasarana pendukung lainnya.

Proses pembangunan sudah mencapai 97 persen dari target dan telah berdiri 107 kios baru. Saat ini, juga sedang dilanjutkan pembangunan sarana prasarana pendukung seperti gapura dan taman.

"Sejak September 2023, Perumda Pasar dan paguyuban pedagang Pasar Gosir Ngronggo melakukan perjanjian kerjasama tentang pembangunan lanjutan kios bagi pedagang pasar grosir ini," urai Zanariah.

"Kelanjutan pembangunan ini berlangsung dengan sistem Bangun Guna Serah (BGS). Jadi seluruh biaya proses pembangunan hasil swadaya dari pedagang dengan jangka waktu perjanjian BGS selama 10 tahun," imbuhnya.

Setelah jangka waktu habis, pengelolaan diserahkan kembali kepada Perumda Pasar Joyoboyo Kota Kediri, sehingga baik pengelola maupun pedagang pasar untuk menjaga dan merawat pasar agar tetap aman, nyaman, bersih dan asri. Di samping itu, manajemen pengelolaan pasar harus lebih profesional untuk meningkatkan mutu layanan dan menjamin kualitas produk.

“Tujuannya agar ini menarik banyak konsumen dan berdampak menguntungkan semua pihak,” kata Zanariah.

Pj Wali Kota Kediri juga meminta agar di sekitar kios ditanami tanaman agar asri dan tidak panas. Selain itu, dihadirkannya perbankan pada acara ini diharapkan transaksi di pasar ini ke depan menggunakan digitalisasi. Karena dengan digitalisasi dapat mengurangi kecurangan yang terjadi.

"Kita sebagai pemda juga bisa mengetahui proses perputaran ekonomi di ini," pungkasnya.

Setelah peresmian dilakukan, dilanjutkan meninjau kios-kios yang ada di dan berinteraksi dengan para pedagang. Acara juga dihadiri sejumlah pejabat terkait dan para pedagang. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO