Buka SPAB di SMAN 1 Tosari, Kalaksa BPBD Jatim Ajak Pihak Sekolah Tanggap Bencana

Buka SPAB di SMAN 1 Tosari, Kalaksa BPBD Jatim Ajak Pihak Sekolah Tanggap Bencana Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, saat membuka SPAB di SMAN 1 Tosari, Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Memasuki pekan akhir pelaksanaan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di 20 daerah, Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, membuka langsung kegiatan yang berlangsung di SMAN 1 Tosari, Kabupaten , Selasa (5/3/2024). Sejumlah pejabat terkait turut mendampingi dalam agenda tersebut.

Kepala SMAN 1 Tosari dan Camat Hendri Candra Wijaya dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada BPBD Jatim dan BPBD Kabupaten atas penunjukan wilayahnya sebagai lokasi SPAB. Pasalnya, Kecamatan Tosari secara geografis, memang rawan bencana, mulai erupsi gunung api, tanah longsor, banjir bandang hingga angin puting beliung.

Lebih lagi, keterlibatan anak muda dalam penanggulangan bencana di Kecamatan Tosari juga masih perlu ditingkatkan. Usai mengecek keterwakilan peserta dari berbagai desa, Camat Tosari mengatakan, "Kami ingin para peserta SPAB ini nanti bisa menjadi pioner bagi para pemuda di masing-masing desa dalam kegiatan penanganan bencana di wilayah Tosari ini."

Sementara itu, Gatot menegaskan perlunya peningkatan kolaborasi dengan berbagai unsur dalam hal penanganan bencana, baik saat pra bencana, tanggap darurat maupun pasca bencana.

Termasuk kegiatan SPAB kali ini yang melibatkan sekolah, mulai siswa, guru hingga bagian keamanan sekolah. Peningkatan upaya kolaborasi yang masuk dalam kegiatan pra-bencana ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas kebencanaan guna pengurangan risiko bencana.

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO