Kasus DBD di Jawa Timur Meroket, Khofifah Ajak Masyarakat Lakukan 3M Plus dan Vaksinasi

Kasus DBD di Jawa Timur Meroket, Khofifah Ajak Masyarakat Lakukan 3M Plus dan Vaksinasi Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim periode 2019-2024,  Indar Parawansa, menyoroti kasus DBD (demam berdarah dengue) yang tengah melonjak. Diketahui, DBD di Jawa Timur menyentuh angka 3.638 kasus.

Di awal 2024, angka DBD paling tinggi terjadi di Kabupaten Probolinggo, 600 kasus, sementara di Surabaya saat ini tercatat lebih dari 30 kasus.  mengatakan, angka kasus DBD tahun ini meningkat pesat dibandingkan 2023, yang mana jumlah kumulatif kasus yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti di Jawa Timur capai 9.041 kasus.

“Jika dilihat trennya, di awal tahun 2024 ini kasus DBD Jatim sangat tinggi. Sehingga yang penting dilakukan oleh masyarakat adalah meningkatkan kewaspadaan agar jangan sampai terinfeksi penyakit DBD,” ujarnya, Senin (4/3/2024).

Untuk itu, wanita yang juga Ketua PBNU dan Ketua Umum PP Muslimat NU ini mengimbau masyarakat untuk menggiatkan kembali gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Gerakan ini cukup mudah, yakni dengan melaksanakan 3M Plus (membuang barang-barang bekas, menutup tempat penampungan, dan juga menguras tempat penampungan air).

Selain itu juga bisa dilakukan kegiatan preventif plus-plus lain yang bisa mencegah penyebaran DBD. Seperti menggunakan kelambu, menghindari kebiasaan menumpuk atau menggantung pakaian, juga menggunakan lotion anti nyamuk.

“Di kampung-kampung sejatinya juga sudah ada para ibu-ibu jumantik atau juru pemantau jentik nyamuk. Harapannya di masa-masa waspada DBD seperti ini, pelaksanaan pemantauan jentik harus digencarkan. Ini penting untuk menghindari penyebaran DBD,” urai .

Tidak hanya itu, ia juga mengajak masyarakat untuk aktif melengkapi vaksinasi DBD pada anak hingga dewasa. Pasalnya vaksinasi DBD bisa anjurkan untuk usia 6-45 tahun.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO