DBD Sentuh 3.638 Kasus, Pj Gubernur Jatim Imbau Masyarakat Masifkan PSN dengan 3M Plus

DBD Sentuh 3.638 Kasus, Pj Gubernur Jatim Imbau Masyarakat Masifkan PSN dengan 3M Plus PSN atau pemberantasan sarang nyamuk guna mencegah penyebaran penyakit DBD.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com , Adhy Karyono, mengimbau masyarakat untuk kembali menggalakkan gerakan PSN atau pemberantasan sarang nyamuk guna mencegah penyebaran DBD (demam berdarah dengue) yang kini mulai merebak di puncak musim hujan. Bahkan, ia tegas mengimbau agar masyarakat bisa lebih waspada melalui Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik, minimal seminggu sekali.

“Dengan mengaktifkan kembali gerakan PSN ini, harapannya peran serta dan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan setiap keluarga untuk memberantas DBD bisa ditingkatkan. Perannya bisa dengan melakukan pemeriksaan, pemantauan, pemberantasan jentik nyamuk DBD yang jadi sumber penyebaran utama," ujarnya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (3/3/2024).

Bukan tanpa alasan, upaya pencegahan penyebaran DBD penting dilakukan karena berdasarkan data situasi DBD Jawa Timur dari bulan Januari hingga minggu ketiga bulan Februari 2024, jumlah kasus DBD telah mencapai 3.638 orang.

Ia melanjutkan, kegiatan PSN dapat dilakukan dengan 3M Plus, yaitu menguras/membersihkan bak mandi, vas bunga, tempat minum binatang peliharaan, tatakan dispenser. Yang kedua dengan menutup rapat Tempat Penampungan Air (TPA).

"Jika TPA tidak mungkin dikuras atau ditutup, maka bisa diberikan larvasida," katanya.

Langkah ketiga yang disebut adalah menyingkirkan atau memanfaatkan serta mendaur ulang barang bekas seperti ban bekas, botol plastik, kaleng bekas. Kemudian Plus paling penting adalah menghindari gigitan nyamuk.

"Bisa dengan menanam pohon pengusir nyamuk, memakai kelambu, anti nyamuk serta memberikan larvasida. Memelihara ikan pemakan jentik, memasang ovitrap/larvitrap/mosquitotrap," jelasnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO