Menteri ESDM Pastikan Smelter Freeport Siap Beroperasi Juni 2024

Menteri ESDM Pastikan Smelter Freeport Siap Beroperasi Juni 2024 Menteri ESDM RI Arifin Tasrif (kiri) didampingi Dirjen Minerba Bambang Suwantono, dan Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Jenpino Ngabdi, saat melakukan kunjungan ke proyek smelter PTFI. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI memastikan Smelter di Kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate () Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, siap beroperasi pada Juni 2024.

"Progres pembangunan smelter sesuai rencana. Saya apresiasi kesungguhan Freeport dalam mendukung kebijakan hilirisasi tambang. Saya optimistis smelter dapat beroperasi pada Juni 2024," ucap Arifin di sela-sela kunjungan ke proyek smelter , Kamis (29/2/2024).

Ia menegaskan proyek pabrik pemurnian tembaga ini merupakan bagian dari program percepatan hilirisasi tambang yang dicanangkan pemerintah.

"Ini sebagai langkah penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju," tuturnya.

Wakil Presiden Direktur , Jenpino Ngabdi, juga memastikan pembangunan smelter berjalan lancar dan sesuai target. Menurutnya, smelter siap beroperasi di bulan Juni 2024.

"Smelter akan mulai berproduksi di Agustus 2024 dan selanjutnya ramp up mencapai kapasitas penuh pada akhir Desember 2024," katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO