Gelar Sosialisasi, Pemkot Kediri Dorong Peningkatan Indeks Profesionalitas ASN 2023

Gelar Sosialisasi, Pemkot Kediri Dorong Peningkatan Indeks Profesionalitas ASN 2023 Sosialisasi yang digelar Pemkot Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot  terus mendorong peningkatan indeks profesionalitas di kalangan . Seperti melalui sosialisasi pengukuran indeks profesionalitas 2023 yang berlangsung pada hari ini, Selasa (16/1/2024).

Digelar di Ruang BKPSDM Kota , sosialisasi menghadirkan para pengelola kepegawaian yang ada di tiap OPD. Kepala BKPSDM Kota , Un Achmad Nurdin, menjelaskan sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan stimulus kepada para agar lebih meningkatkan kompetensi dan kinerjanya.

Dengan mengikuti sosialisasi, kata Achmad, mereka diberikan pemahaman mengenai peningkatan kualifikasi pendidikan, kompetensi, disiplin dan kinerja yang menjadi dimensi dalam indeks profesionalitas .

“Merujuk pada UU No. 20 Tahun 2023 tentang pengembangan kompetensi, setiap memiliki kewajiban untuk mengembangkan kompetensi dengan terus meningkatkan ilmunya melalui pembelajaran. Untuk itu, setiap wajib mengembangkan kompetensi salah satunya melalui diklat, seminar, sosialisasi dan harus ada bukti dukungnya dalam wujud sertifikat,” tuturnya.

Menurut dia, juga memiliki kewajiban untuk meningkatkan kualifikasi pendidikannya,  sehingga diharapkan berdampak pula pada peningkatan kompetensi dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Bagi Instansi pemerintah, lanjut Achmad, pengukuran indeks profesionalitas ini dapat dijadikan sebagai dasar penilaian dan evaluasi dalam upaya pengembangan profesionalisme .

Sedangkan bagi individu, ia mengatakan bahwa pengukuran indeks profesionalitas dapat dijadikan sebagai parameter atau rapor untuk mengetahui capaian kinerja sekaligus dapat dijadikan kontrol sosial agar para selalu bertindak profesional terutama dalam kaitannya dengan pelayanan publik.

“Hasilnya dijadikan sebagai dasar penilaian dan evaluasi dalam upaya pengembangan profesionalisme . Di samping itu untuk menentukan standar bagi instansi pemerintah dalam melaksanakan pengukuran indeks profesionalitas secara sistematis, terukur dan berkesinambungan sehingga menghasilkan peta tingkat profesionalitas yang bermanfaat bagi para sendiri dan Instansi Pemerintah,” paparnya.

Dengan adanya sosialisasi ini, Achmad berharap seluruh Pemkot dapat menjadi yang profesional dan kompeten. 

“Di tahun 2022, Indeks Profesionalitas Kota mendapat nilai cukup tinggi yakni mencapai 89,8. Besar harapan kami para tetap semangat untuk terus meningkatkan kompetensi dan kualifikasi pendidikan sehingga bisa mewujudkan Kota yang profesional, kompeten, produktif dan berintegritas,” pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO