Sumber Dlopo, Riwayatmu Kini

Sumber Dlopo, Riwayatmu Kini Sumber Dlopo di Desa Karangrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Tampak dinding plengsengannya banyak yang rusak. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com atau di Dusun Dlopo, , Kecamatan Ngasem, Kabupaten , Jawa Timur, merupakan sumber yang konon airnya berasal dari Gunung Kelud langsung.

Tak heran, jika masyarakat sekitar meyakini air yang muncul di bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Hal itu bisa terjadi karena air di masih murni dan mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Air di juga pernah diteliti oleh tim dari sebuah universitas negeri di Surabaya. Hasilnya, rata-rata debit mencapai 574,8 liter/detik atau per harinya mencapai 49.662.720 liter.

Dengan jumlah debit air yang melimpah ruah itu, bisa mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat dan mengairi sawah. telah mencukupi kebutuhan air bagi masyarakat sekitar selama bertahun-tahun, di musim kemarau sekalipun.

Sayang, yang teduh dan asri karena banyak pepohonan itu, kini sedikit memprihatinkan. Plengsengan sebagai pembatas terlihat banyak yang rusak. Begitu juga dengan banyaknya warung-warung yang terkesan tidak tertata dengan baik.

Kolam airnya pun terlihat banyak sampah, bekas bungkus makanan dan minuman yang diduga sengaja dibuang oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Kondisi ini sebenarnya sudah pernah disampaikan langsung kepada Bupati Hanindhito Himawan Pramana oleh perwakilan warga Dlopo saat acara Jumat Ngopi di Pendopo Panjalu Jayati, 24 November 2023.

Mendapat keluhan tersebut, Dhito berjanji akan mengecek langsung kondisi tersebut.

Yanto, salah satu pedagang di , membenarkan beberapa bagian plengsengan di sudah lama rusak. Warga dan para pedagang, termasuk pengunjung, sebenarnya ingin segera diperbaiki dan ditata.

"Satahu saya, Mas Bup belum sempat ke sini (), mungkin beliau sedang sibuk. Tapi saya yakin suatu saat nanti beliau pasti ke sini, melihat langsung kondisi ini," kata Yanto yang berdagang makanan minuman di sisi utara sumber itu. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO