Kunjungan Wisman Meroket, Gubernur Khofifah: Bukti Destinasi Wisata di Jawa Timur Bertaraf Global

Kunjungan Wisman Meroket, Gubernur Khofifah: Bukti Destinasi Wisata di Jawa Timur Bertaraf Global Gubernur Khofifah bersama keluarga saat mengunjungi Bromo.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sektor pariwisata di Jawa Timur menunjukkan perkembangan yang membanggakan. Berdasarkan rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Timur selama Januari-November 2023 tembus di angka 194.367.

Jumlah tersebut meningkat 263,11 persen dibandingkan periode yang sama Januari-November 2022 mencapai 53.529 kunjungan. Oleh karena itu, Gubernur  menyampaikan kegembiraannya dan menyebut peningkatan signifikan jumlah wisman ke Jatim menandakan bahwa daya tarik wisata semakin menarik, serta semakin memiliki daya saing global.

“Alhamdulillah, jumlah kunjungan Wisman ke Jatim mengalami peningkatan yang signifikan sebanyak 263,11 persen. Selama Januari-November 2023 kemarin jumlah kunjungan Wisman ke Jatim sebanyak 194.367 kunjungan. Sementara pada periode yang sama di tahun 2022 hanya 53.529 kunjungan Wisman di Jatim,” paparnya, Kamis (4/1/2024).

"Ini sekaligus menandakan bahwa wisata di Jatim makin diminati komunitas global dan mendunia. Sehingga ke depan harus terus kita jaga dan kita tingkatkan daya saingnya," tuturnya menambahkan.

Ia mengatakan, jumlah wisman yang berkunjung ke Jawa Timur secara kumulatif (c-to-c) dari Januari-November 2023 menunjukkan bahwa peningkatan jumlah kunjungan wisman paling tinggi berasal Tiongkok yang meningkat sebesar 2.147,07 persen, lalu disusul dari Malaysia dan penduduk luar negeri yang mengalami peningkatan sebesar 237,68 persen dan 130,05 persen.

Lebih jauh, menyatakan peningkatan Wisman dibarengi dengan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang. TPK hotel bintang pada November 2023 sebesar 57,59 persen atau mengalami peningkatan (secara month to month) sebesar 0,95 poin dibandingkan Oktober 2023. TPK hotel bintang empat pada November 2023 memiliki nilai TPK tertinggi dibandingkan TPK hotel bintang lainnya yaitu sebesar 62,17 persen.

"Kita patut bersyukur Jatim menawarkan berbagai tujuan destinasi wisata. Rata rata perjalanan wisman ke Jatim untuk berlibur/rekreasi, meeting dan mengunjungi teman maupun sanak saudara," katanya.

Lihat juga video 'Balita Perempuan Disiksa Calon Bapak Tiri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO