Pj Wali Kota Kediri Serahkan Bantuan Sosial Pendidikan Bagi Mahasiswa dan Siswa SMA/SMK

Pj Wali Kota Kediri Serahkan Bantuan Sosial Pendidikan Bagi Mahasiswa dan Siswa SMA/SMK Pj Wali Kota Kediri Zanariah saat menyerahkan bantuan sosial pendidikan kepada salah satu penerima. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 300 mahasiswa dan 112 siswa SMA/SMK menerima bantuan sosial pendidikan dari Pemkot Kediri. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri Zanariah bertempat di dinas pendidikan, Kamis (14/12/2023).

Masing-masing mahasiswa menerima bantuan 5 juta rupiah, sedangkan siswa SMA/SMK sebesar 1 juta rupiah.

"Selamat pada mahasiswa dan siswa yang menerima bantuan sosial pendidikan. Semoga beasiswa ini membantu adik-adik dalam memenuhi kebutuhan pendidikan. Serta memperlebar jalan meraih cita-cita lebih tinggi lagi," ujarnya.

Zanariah menyampaikan bahwa Pemkot Kediri tahun ini juga telah mengalokasikan anggaran Rp600 juta untuk membantu siswa-siswi yang tak bisa mengambil ijazahnya yang ditahan pihak sekolah karena masih mempunyai tanggungan administrasi keuangan.

Ia menyadari ijazah merupakan salah satu dokumen penting untuk membuktikan terselesaikannya jenjang pendidikan. Ijazah diperlukan untuk menuju tahapan berikutnya, baik kuliah atau bekerja. 

"Terima kasih kepada kepala sekolah dan satuan pendidikan di Kota Kediri telah memperkenankan anak-anak sekolah walau tidak bayar SPP. Dengan penuh kasih sayang dan perikemanusiaan memberikan kesempatan pada anak-anak untuk sekolah meski menunggak. Manfaatkan bantuan ini dan harus bersyukur karena kalau di tempat lain apabila belum membayar SPP tidak bisa mengikuti ujian," ungkapnya.

Zanariah menegaskan pendidikan merupakan hak dasar yang harus didapatkan seluruh elemen masyarakat. Dengan meratanya pendidikan yang berkualitas, maka peradaban masyarakat akan terbangun.

Oleh karena itu, Pemkot Kediri berkomitmen merealisasikan akses pendidikan yang merata bagi putra-putri Kota Kediri. Salah satunya melalui bantuan dan beasiswa pendidikan untuk membantu siswa-siswi bisa tuntas belajar tahun 12 tahun, memiliki ijazah, hingga melanjutkan kuliah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO