Gubernur Khofifah Resmikan Gedung P4S Taruna Bhumi dan Bantuan 20.000 wp PLTS Atap di Jember

Gubernur Khofifah Resmikan Gedung P4S Taruna Bhumi dan Bantuan 20.000 wp PLTS Atap di Jember Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat memberi sambutan.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Gubernur meresmikan Gedung Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Taruna Bhumi dan Bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap 20.000 Watt Peak (wp) di Padepokan H.M. Arum Sabil, , Rabu (6/12/2023).

Bantuan PLTS Atap 20.000 wp dari ini diserahkan 10.000 watt peak (wp) untuk P4S Taruna Bhumi, lalu 5.000 wp untuk Pondok Pesantren Al Mubarok, dan 5.000 wp untuk Pondok Pesantren Tahfidz Modern Sulaimaniyah, Lumajang.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan , lalu dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada H.M Arum Sabil dan rektor UIN KH.Achmad Siddiq.

Gubernur menjelaskan, implementasi pembangkit listrik tenaga surya yang tengah gencar dilakukan , termasuk bantuan yang diberikan adalah bagian dari upaya lompatan dari green energy menuju blue energy. Hal ini harus terus diupayakan karena isu kegalauan dunia saat ini juga menyoroti soal bagaimana bersiap menuju green energy dan blue energy.

"Jadi pada dasarnya pusat pelatihan di sini itu melakukan lompatan dari green dilompati langsung masuk ke blue economy, semoga semuanya bisa berjalan lancar sukses dan diberi kemudahan Allah SWT," kata saat memberi sambutan.

Orang nomor satu di Jatim ini menjelaskan bahwa pada proses mewujudkan net zero emission sesungguhnya belum masuk pada blue energy dan blue economy. Ia menegaskan, ketika telah masuk pada blue energy dan blue economy, maka akan ada upaya zero waste di mana semua diharapkan bisa mengupayakan benar-benar tanpa menghasilkan sampah.

Sebelumnya, melalui APBD Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral telah memberikan bantuan pembangunan PLTS Atap pada sejumlah Gedung Instansi Pemerintah dan Pondok Pesantren di Jawa Timur.

Upaya ini akan terus dilakukan dan ini membuktikan komitmen bentuk dukungan dalam rangka mendorong percepatan realisasi peningkatan pengembangan pemanfaatan EBT dan transisi energi untuk mewujudkan NZE 2026.

Pembangunan PLTS Atap pada gedung-gedung pemerintah, sekolah, pesantren dan instansi swasta/ perusahaan juga menjadi bagian dari kebijakan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) di Provinsi Jatim lantaran menggunakan Energi Ramah Lingkungan atau _clean energy._

Sampai saat ini di Jatim telah berhasil membangun PLTS (SHS dan Atap) dengan total kapasitas terpasang sebesar 68,41 MW. Sedangkan pemanfaatan EBT di Jawa Timur sebesar 1.868 MW dengan capaian Bauran EBT pada 2022 sebesar 9,36 persen lebih dari target yang ditetapkan dalam RUED sebesar 6,50 persen.

Lebih lanjut, menjelaskan hal lain yang tengah menjadi isu hangat dunia adalah kekhawatiran tentang isu pangan dunia. Menyikapi hal tersebut, gubernur menegaskan bahwa Jawa Timur tetap optimis dan terus memaksimalkan posisinya sebagai lumbung pangan nasional.

Hal tersebut bukan hanya wacana melainkan berbagai keberhasilan Jawa Timur di sektor pangan menjadi bukti Jawa Timur adalah lumbung pangan nasional. Keberhasilan itu diantaranya produksi gabah, padi, jagung, pisang Jawa Timur menempati posisi tertinggi diantara seluruh provinsi di Indonesia.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO