Pertunjukan Diduga Dapat Intimidasi, Butet: Keren, Selamat Datang Orde Baru

Pertunjukan Diduga Dapat Intimidasi, Butet: Keren, Selamat Datang Orde Baru Butet Kartaredjasa. Foto: musmedia

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Dua seniman Indonesia diduga mendapat intimidasi dari aparat kean. Mereka adalah seniman kondang Butet Kartaredjasa dan penulis naskah Agus Noor. Peristiwa tak mengenakkan itu terjadi saat mereka menggelar pertunjukan di Taman Ismail Marzuki Jakarta pada 1 Desember 2013.

Dilansir Tempo, sore hari sebelum pertunjukan berlangsung, sejumlah petugas Kean Sektor Cikini tiba-tiba dating. Mereka meminta penyelenggara membuat yang isinya tidak menampilkan pertunjukan yang mengandung unsur politik.

Bagaimana respon Butet dan Agus Noor? “Bagi kami itu intimidasi,” kata Agus Noor, Senin (4/12/2023).

Butet pun menandatangani surat tersebut. Surat itu mencantumkan komitmen penanggungjawab tidak kampanye pemilu, menyebarkan bahan kampanye pemilu, menggunakan atribut partai politik, menggunakan atribut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, dan kegiatan politik lainnya.

Butet menunjukkan bermeterai tersebut kepada wartawan. Usai menandatangani surat tersebut, panitia tetap menggelar pertunjukan berjudul Musuh Bebuyutan dalam durasi 150 menit. Dalam balutan setelan batik dan celana berwarna cokelat, Butet membuka pentas tersebut.

Di depan penonton Butet menyapa dan memberikan salam kepada semua kontestan Pemilu 2024. Butet juga memeberitahu bahwa dirinya harus membuat tertulis yang ditujukan kepada bahwa dia harus berkomitmen tidak ada unsur politik dalam pertunjukan itu.

“Keren. Selamat datang ,” kata Butet.

Pertunjukan itu digelar oleh Indonesia Kita, forum budaya yang rutin menggelar pentas . Pentas ke-41 ini mengusung tema pertarungan politik yang terjadi di antara dua pihak yang sebelumnya bersahabat. Pentas berjudul Musuh Bebuyutan itu berlangsung selama dua hari: 1 Desember dan 2 Desember 2023 di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki.

Lihat juga video 'Saat Apel Pagi, Polres Lumajang Didatangi Pria Bersenjata Tajam':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO