Lewat RENJANA 2023, Pj Wali Kota Kediri Apresiasi Wajib Pajak

Lewat RENJANA 2023, Pj Wali Kota Kediri Apresiasi Wajib Pajak Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat memberi sambutan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota , Zanariah, mengapresiasi wajib pajak melalui acara Gathering Wajib Pajak Daerah Kota (RENJANA) 2023, Kamis (30/11/2023) malam. RENJANA dari bahasa Sansekerta memiliki arti antusiasme, rasa semangat atau kegembiraan yabg kuat terhadap aktivitas tertentu.

"Sama halnya dengan gathering malam ini menjadi bentuk antusiasme, rasa bahagia, dan apresiasi kami Pemkot pada seluruh wajib pajak daerah. Selama ini sudah berkontribusi dan berkolaborasi dalam membangun Kota lewat patuh dan taat bayar pajak daerah. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan baik antara Pemkot dan wajib pajak daerah," urai Zanariah.

Semakin tahun, feedback wajib pajak daerah selalu memotivasi Pemkot untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat. Disebutkan, pemerintah daerah setempat akan terus berkomitmen memberikan kemudahan pada wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakan daerah, baik dalam pelaporan dan pembayaran daerah secara digital.

"Produk digital dalam pengelolaan pendapatan daerah mampu meningkatkan efisiensi, efektifitas dan trasnparansi layanan. Seperti hadirnya E-SPTPD, E-BPHTB, SAPADANA, aplikasi PIJAR, serta pembayaran non tunai. Melalui QRIS, E-Commerce atau kanal pembayaran yang lain," paparnya.

Zanariah menyatakan, Perda Kota Nomor 4 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Perda Kota Nomor 6 tahun 2010 tentang pajak daerah Kota telah mengamanatkan pemda untuk melindungi, mendorong, dan mengembangkan UMKM sebagai salah satu penggerak ekonomi.

Hal itu berkaitan dengan PAD yang terus diupayakan meningkat 10 persen tiap tahun, khususnya dari penerimaan pajak daerah. Selain itu, Pemkot saat ini terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi mencapai 5-6 persen di tahun 2024 guna menyamai pertumbuhan ekonomi sebelum pandemi.

"Berbagai program telah kami gencarkan untuk pengembangan UMKM. Antara lain bantuan modal, kredit KURNIA, pelatihan kewirusahaan, inkubasi bisnis dan lainnya," ucap Zanariah.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO