Kanjuruhan Culture Carnival Tampilkan Potensi Budaya Kabupaten Malang

Kanjuruhan Culture Carnival Tampilkan Potensi Budaya Kabupaten Malang Kanjuruhan Culture Carnival.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Gelaran Kanjuruhan Culture Carnival yang digelar di Jalibar atau Jalan Ir. Sukarno Kepanjen dalam rangka Hari Jadi ke-1.263 Kabupaten berlangsung meriah dan spektakuler. Bupati , Sanusi, bersama wakilnya, Didik Gatot Subroto, secara langsung memberangkatkan dan menyaksikan satu per satu penampilan para peserta Kanjuruhan Culture Carnival, Sabtu (25/11/2023).

Diawali penampilan marching band Ben Zaka Yon Zipur 5, Sakera Sayap Mas Gondanglegi, Tari Jatilan SDN 3 Pujon Lor dan Tarian Garudeya dari Komunitas Laras Aji Sekar Kadipaten. Ribuan orang pun turut menyaksikan di depan dan samping dari tiga panggung.

"Kanjuruhan Culture Carnival ini menampilkan semua potensi kebudayaan Kabupaten . Ini nanti diagendakan sebagai event nasional yang nanti setiap tahun di gelar di sini," kata Sanusi.

Ia menyebut, 33 Kecamatan menampilkan keunikan dan kekhasan dari daerahnya masing-masing seperti kisah para pejuang legenda dan kemerdekaan.

"Seperti Panji Pulangjiwo dari Ngantang, Roro Jonggrang yang ditampilkan Tirtoyudo, Garudeya yang ada di Kidal Tumpang sebagai cikal bakal lambang negara Indonesia dari Komunitas Tari, dan Wonosari dengan tarian beriringan musik grup perkusinya yang tampil langsung di depan panggung," ujarnya.

Bupati juga menjelaskan, Kanjuruhan Culture Carnival ini juga akan diajukan ke pemerintah pusat sebagai Kalender Event Nasional.

"Di samping itu kita juga gebyarkan promosi pertama kali batik Garudeya, sebagai batik nasional dari Kabupaten ," tuturnya.

Kanjuruhan Culture Carnival mengusung konsep yang berbeda dibanding event carnival yang pernah digelar Pemkab , yakni dengan siapkan tiga panggung sebagai titik tampil para peserta yang berasal dari 33 kecamatan.

''Selain untuk memeriahkan Hari Jadi ke-1263 Kabupaten Tahun 2023, Kepanjen Culture Carnival juga menjadi kesempatan emas bagi seluruh Kecamatan di Kabupaten untuk menampilkan potensi terbaiknya melalui kreasi seni dan budaya," urai Sanusi.

Menurut dia, kegiatan ini merepresentasikan semangat dari tema Peringatan Hari Jadi ke-1263 Kabupaten tahun ini, yakni 'Bangkit Lebih Cepat Menuju MAKMUR'. Kanjuruhan Culture Carnival diharapkan dapat terus diselenggarakan secara berkelanjutan, dan teragendakan secara rutin dalam Kalender Event Budaya di Kabupaten . (dad/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO