Ini Jawaban Pj Wali Kota Kediri soal Pandangan Umum 8 Fraksi DPRD Terkait Raperda APBD 2024

Ini Jawaban Pj Wali Kota Kediri soal Pandangan Umum 8 Fraksi DPRD Terkait Raperda APBD 2024 Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat memberikan jawabannya atas pandangan umum 8 Fraksi DPRD Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota Kediri, , memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi DPRD terkait raperda tentang APBD tahun anggaran 2024, Kamis (23/11/2023).

Pada paripurna sebelumnya, terdapat 8 fraksi yang menyampaikan pandangan umumnya. Beberapa hal yang disampaikan fraksi di antaranya mengenai upaya peningkatan PAD (pendapatan asli daerah).

Kemudian, upaya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan serta kelanjutan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu, upaya peningkatan infrastruktur, lalu upaya menjaga ketersediaan dan harga pangan yang murah bagi masyarakat.

mengatakan bahwa Pemkot Kediri telah menyiapkan beberapa upaya untuk terus meningkatkan PAD. Upaya intensifikasi dan ekstensifikasi akan dilakukan, seperti penggalian dan inventarisasi potensi wajib pajak/retribusi yang ditindaklanjuti dengan pemutakhiran data, mengadakan sosialisasi dan penyuluhan kepada wajib pajak/retribusi melalui berbagai media.

Tidak kalah penting adalah melakukan pemeriksaan secara berkala pada wajib pajak, memberikan reward pada wajib pajak, peningkatan kualitas pelayanan dengan prinsip profesional, pengembangan TI dalam pengelolaan pendapatan daerah, optimalisasi pengelolaan aset, optimalisasi tata kelola BUMD yang efektif dan efisien, serta penyesuaian tarif retribusi.

"Di antaranya retribusi persampahan, parkir tepi jalan umum, pemakaian kekayaan daerah, retribusi kesehatan, retribusi penjualan produk usaha daerah, retribusi tempat rekreasi dan olahraga, serta pasar grosir dan pertokoan," kata Pj Wali Kota Kediri.

Untuk peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, menyebut Pemkot Kediri mengalokasikan anggaran pengembangan dan rehabilitasi pada rancangan APBD tahun 2024, yakni ruang kelas, laboratorium, ruang guru, dan sarana prasarana, serta utilitas sekolah untuk SD, SMP, dan PAUD sebanyak 32 unit.

Selanjutnya, pemeliharaan gedung sekolah sebanyak 136 unit, bantuan perlengkapan siswa SD, dan SMP 11.200 paket. Selain itu dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, Pemkot Kediri juga melakukan peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan. 

"Untuk beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu akan kami lanjutkan di tahun 2024," ucap .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO