Dikuasai Produk China, Mobil dan Motor Jepang-Eropa Lenyap, Laporan dari Tiongkok (5)

Dikuasai Produk China, Mobil dan Motor Jepang-Eropa Lenyap, Laporan dari Tiongkok (5) Tampak di lahan parkir South Asia Plaza di kawasan Fujian hanya motor buatan China. Tak ada motor buatan Jepang dan negara lain. Foto: M Mas'ud Adnan/bangsaonline

FUZHOU, BANGSAONINE.com - Empat Gus yang melakukan kunjungan Jalan Sutra Laut Surabaya-Tiongkok sempat diterima pejabat Pemerintah Tiongkok. Diantaranya Lin Xuefeng, Direktur Kantor Bagian Luar Negeri Provinsi Fujian. Yang menarik, mereka diterima di tempat yang biasa dipakai Xi Jinping terima tamu. Kok bisa? Inilah tulisan serial ke-5 M Mas’ud Adnan, CEO HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE dari Tiongkok

Meski kunjungan 4 Gus itu semi formal, tapi sambutan pejabat Tiongkok cukup hangat. Dalam pantauan HARIAN BANGSA, setidaknya empat pejabat – termasuk Wakil Bupati – menyambut mereka dalam waktu yang berbeda. Diantara yang menyambut 4 Gus itu adalah Direktur Bagian Luar Negeri Fujian, Lin Xuefeng.

Lin Xuefeng menyambut 4 Gus itu di Hotel Fuzhou Lake Side. Hotel bintang 5 cukup mewah yang terletak di kawasan Hu Bin Road, Distrik Gu Lou, Fuzhou, Fujian. Di seberang hotel itu terhampar danau indah.

“Ini (hotel) tempat Xi Jinping biasa terima tamu saat dia masih menjabat gubernur,” tutur Lin Xuefeng saat mengantar para Gus itu ke pintu hotel usai pertemuan.

Sebelum jadi Presiden Tiongkok, Xi Jinping memang menjabat Gubernur Fujian. Karena kinerjanya bagus saat menjabat Gubernur Fujian karir politik Xi Jinping terus menanjak. Sampai jadi presiden. Bahkan tiga periode. Xi Jinping mengubah konstitusi atau UU yang sebelumnya membatasi presiden dua periode, menjadi tiga periode.

Performance Xuefeng sebagai pejabat tampak sangat matang. Gaya bicaranya tertata dan sangat care pada para tamunya yang masih muda-muda. Kebetulan posisi duduk saya di sebelah kanan persis Xuefeng. Sehingga leluasa mencermati penampilan pejabat berusia paruh baya itu.

Banyak pembicaraan program saat pertemuan dengan Xuefeng. Diantaranya tentang kemungkinan Jawa Timur mengekspor kopi. Bahkan juga tentang tembakau. Tapi, menurut Xuefeng, hawa Fujian tidak cocok untuk tembakau. Meski demikian Muhammad Fudholi Noer dari Pamekasan sangat yakin tembakau bisa tumbuh dengan baik di Fujian.

“Ada 3 cara menanam kopi itu,” kata Gus Fudholi kepada saya. Nah, hawa Fujian bisa disesuaikan dengan salah satu 3 cara itu. “Saya siap menanam tembakau di sini,” katanya.

Lin Xuefeng secara khusus menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Fujian menyambut baik jika Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mau bekerjasama. Ia juga menyambut hangat jika kelak Gubernur Khofifah berkunjung ke Fujian.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO