Bawaslu Sidoarjo Kaji Aturan Sikapi Pemasangan APK di Angkutan Umum

Bawaslu Sidoarjo Kaji Aturan Sikapi Pemasangan APK di Angkutan Umum Sosialisasi pencegahan pelanggaran kampanye Pemilu 2024 yang digelar Bawaslu Sidoarjo. Foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com telah memantau adanya peserta yang memasang alat peraga kampanye (APK) di angkutan umum. Sejauh ini, memang belum ada aturan soal pemasangan APK di sana maupun kendaraan pribadi, dan bakal melakukan kajian peraturan perundangan lainnya, di luar aturan kepemiluan.

"Di tahun 2019 (Pemilu 2019), aturannya masih semi-semi. Kalau yang sekarang () belum. Tetapi kami akan mencoba mengkaji masuk dalam peraturan perundangan lainnya," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi , Moh Arief, saat Sosialisasi Pencegahan Pelanggaran Tahapan Kampanye , Sabtu (18/11/2023).

Ia menjelaskan, misalnya ternyata pemasangan APK di angkutan umum tersebut akan menutupi kaca bagian belakang mobil sehingga menghalangi pemandangan pengemudi ke belakang, hal itu membahayakan. 

"Tentu ini akan melanggar di peraturan perhubungan," ujarnya.

Kendati demikian, ia menegaskan bahwa  saat ini masih dalam proses mengkaji aturan-aturan terkait adanya pemasangan APK di angkutan umum. 

"Karena sekali lagi, kami tidak akan melakukan semua proses itu di luar kewenangan kami," tuturnya.

Terkait baliho-baliho yang sudah dipasang sebelum masa kampanye, mantan Ketua Panwascam Candi ini menambahkan, pihaknya Senin pekan depan diundang KPU untuk membahas bersama Satpol PP dalam rangka penertiban baliho-baliho tersebut.

"Karena rupanya teman-teman parpol agak enggan melakukan penertiban mandiri. Tetapi sekali lagi, harapan kami kepada parpol, ayo ditertibkan sendiri, sehingga (baliho) itu bisa digunakan lagi pada tanggal 28 November (mulai tahapan kampanye)," paparnya.

Arief menegaskan, jika baliho-baliho tersebut ditertibkan oleh pihak di luar parpol, pihaknya juga khawatir dan tidak bisa menjamin baliho-baliho itu tidak robek maupun tidak rusak. 

"Tetapi kalau ditertibkan mandiri, baliho itu kan bisa utuh dan bisa dipasang lagi," ucapnya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO