BMKG Terbitkan Prakiraan Awal Musim Hujan di Jawa Timur, Surabaya Basah pada Desember 2023

BMKG Terbitkan Prakiraan Awal Musim Hujan di Jawa Timur, Surabaya Basah pada Desember 2023 Ilustrasi. Foto: Pexels

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Juanda menerbitkan prakiraan awal musim hujan pada 2023/2024 untuk 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Dilansir dari akun resmi (Instagram @infobmkgjuanda), tertulis bahwa melaporkan 74 zona musim di Jawa Timur.

"Awal musim hujan ditetapkan berdasar jumlah curah hujan dalam satu dasarian (10 hari) sama atau lebih dari 50 mm, dan diikuti oleh 2 dasarian berikutnya. Informasi prakiraan musim, disampaikan berbasis zona musim, yaitu daerah yang pola hujan rata-ratanya memiliki perbedaan yang jelas antara periode musim hujan dan musim kemarau dengan karakteristik yang sama," tulisnya dalam unggahan yang dikutip BANGSAONLINE.com, Sabtu (18/11/2023). 

Adapun rinciannya yakni, 32 zona musim dengan persentase 43,2 persen pada November 2023, 41 zona musim dengan persentase 55,4 persen pada Desember 2023, dan 1 zona musim dengan persentase 1,4 persen pada Januari 2024. Dari rincian tersebut, membuat prakiraan awal musim hujan pada 38 kota/kabupaten di Jawa Timur, berikut prediksinya:

1. Kabupaten Malang pertengahan hingga akhir November.

2. Kabupaten Blitar pertengahan hingga akhir November kecuali Kecamatan Bakung, Kademangan, Panggungrejo, Srengat, Sutojayan, Udanawu, Wonodadi, dan Wonotirto pada pertengahan Desember.

3. Batu akhir November di seluruh kecamatan.

4. Ngawi akhir November di seluruh kecamatan.

5. Probolinggo akhir November di seluruh kecamatan.

6. Kota Malang akhir November di seluruh kecamatan.

7. Blitar akhir November di seluruh kecamatan.

8. Kabupaten Madiun akhir November kecuali Kecamatan Dagangan, Dolopo, Geger, Gemarang, Kare, Kebonsari, dan Wungu pada awal Desember.

9. Kota Madiun akhir November kecuali Kecamatan Taman pada awal Desember.

10. Kabupaten Probolinggo akhir November kecuali Kecamatan Bantaran, Kotaanyar, Kuripan, Lumbang, Pakuniran, Sukapura, Paiton, Tongas, dan Wonomerto pada awal Desember.

11. Magetan pada akhir November kecuali Kecamatan Kawedanan, Lembeyan, Nguntoronadi, Parang, dan Takeran pada awal Desember.

12. Bojonegoro pada akhir November kecuali Kecamatan Balen, Baureno, Bubulan, Gondang, Kanor, Kedungadem, Kepohbaru, Sugihwaras, Sukosewu, Sumberejo, dan Temayang pada awal Desember hingga pertengahan Desember.

13. Jombang akhir November kecuali Kecamatan Kabuh dan Plandaan pada awal hingga pertengahan Desember.

14. Jember akhir November kecuali Kecamatan Ambulu, Gumukmas, Balung, Jombang, Kencong, Puger, Tempurejo, Umbulsari, dan Wuluhan pada awal hingga akhir Desember.

15. Tuban akhir November kecuali Kecamatan Palang, Plumpung, Rengel dan Widang pada pertengahan Desember.

16. Lumajang akhir November kecuali Kecamatan Kunir, Rowokangkung, Lumajang, Sumbersuko, Tekung, Tempeh, dan Yosowilangun pada pertengahan Desember.

17. Ponorogo awal Desember kecuali Kecamatan Pudak, Pulung, dan Sooko pada pertengahan November.

18. Kabupaten Mojokerto awal Desember kecuali Kecamatan Gedeg, Gondang, Jatirejo, Kemlangi, Pacet, Sooko, Trawas, dan Trowulan pada akhir November.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO