Dinkes Situbondo Kampanye Aksi Bergizi di SMP dan SMA Sederajat

Dinkes Situbondo Kampanye Aksi Bergizi di SMP dan SMA Sederajat Suasana diskusi kegiatan kampanye aksi bergizi untuk lingkungan pendidikan SMP dan SMA sederajat.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) , Sandy Hendrayono, mengajak kepala sekolah SMP sederajat dan SMA sederajat untuk mensosialisasikan Kampanye Aksi Bergizi kepada pelajar putri di sekolahnya masing-masing.

Hal itu dikarenakan dari 7.000 lebih remaja putri terdapat 43,5 persen yang berpotensi mengalami anemia atau kekurangan darah merah.

Pernyataan ini, disampaikan Sandy pada Kampanye Aksi Bergizi untuk kalangan lembaga pendidikan menengah pertama (SMP) dan menengah atas (SMA) sederajat di . Kegiatan yang didanai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) ini, dilaksanakan di Aula Graha Wiyata Praja Lantai 2, Selasa (14/11/2023).

Sandy menjelaskan, dampak anemia bagi remaja putri sangatlah berbahaya. Khususnya saat mereka sedang hamil.

"Kalau mereka anemia akan berdampak saat menikah, terus hamil. Kalau hamil itu masih anemia, kemungkinan besar bayinya itu, berat badannya rendah. Kalau sudah berat badannya rendah, kemungkinan untuk gizi buruk dan stunting itu jauh lebih besar," jelasnya.

Karenanya, dengan kondisi demikian, Sandy menuturkan pentingnya program aksi bergizi.

"Sudah menyiapkan tablet tambah darah (TTD) untuk disalurkan kepada remaja putri di sekolah-sekolah. Terus, juga ada senam bersama, sarapan protein. Nah itu, diharapkan nanti tidak menjadi remaja putri yang anemia," bebernya.

Pada kesempatan yang sama, pejabat bidang kesehatan masyarakat (kesmas), Ika Madiana mengatakan ada empat komponen dalam aksi bergizi ini.

"Dimulai dengan senam bersama minimal sekali seminggu, kemudian dilanjutkan dengan makan bersama dengan menu gizi seimbang yang dibawa dari rumah, masakan ibu, kemudian dilanjutkan pemberian tablet tambah darah, yang terakhir pemberian pemahaman kepada siswa dengan literasi gizi seperti permainan-permainan," katanya.

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO