Gubernur Khofifah Tinjau Pameran dan Lepas Parade 260 Kendaraan Konversi Listrik Karya Siswa SMK

Gubernur Khofifah Tinjau Pameran dan Lepas Parade 260 Kendaraan Konversi Listrik Karya Siswa SMK Gubernur Khofifah saat meninjau kendaraan konversi listrik karya siswa SMK Negeri dan Swasta se-Jawa Timur di SMKN 6 Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur meninjau expo sekaligus melepas parade kendaraan konversi listrik karya siswa SMK Negeri dan Swasta se-Jawa Timur, di SMKN 6 Surabaya, Kamis (26/10.2023). Kegiatan ini dilakukan untuk menyemarakkan pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional XXXI.

Sebelum memberangkatkan, mantan Menteri Sosial itu didampingi Kepala untuk meninjau 260 kendaraan konversi listrik karya siswa SMK di Jatim yang terdiri dari 235 kendaraan listrik roda dua, 24 kendaraan listrik roda empat, dan 1 kendaraan listrik roda tiga.

Parade kendaraan konversi listrik ini dimulai dari SMKN 6 Surabaya dan berakhir di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Tidak hanya itu, 260 kendaraan listrik karya siswa SMK di Jatim ini sebelumnya telah berhasil meraih penghargaan Muri dalam upacara Peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim pada 12 Oktober 2023.

Gubernur pun menyempatkan diri untuk berbincang dengan para siswa SMK terkait karya kendaraan listrik yang mereka ciptakan. Ia menanyakan mulai dari proses pembuatan hingga komponen mesin yang digunakan.

"Yang menarik Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di kendaraan listrik ini rata-rata 50 persen. Karena ada beberapa produk yang masih impor seperti velg misalnya," ujarnya.

Meski begitu, ia menegaskan bahwa semua kendaraan listrik karya siswa SMK di Jatim ini sangat layak untuk diapresiasi. Yang mana hal ini merupakan wujud paritisipasi generasi muda Jatim mengambil peran untuk turut mengurangi polusi udara dan medukung terwujudnya Net Zero Emissions (NZE) tahun 2060 mendatang.

"Menurut saya ini menjadi pendorong semangat bagaimana menuju Net Zero Emission 2060. Bagaimana kita mengkonversi energi dari fosil ke non fosil. Dan itu dimulai dari anak-anak SMK, saya rasa ini keren sekali," kata gubernur yang juga sempat menjajal langsung salah satu kendaraan listrik karya siswa SMK tersebut.

Selain kendaraan listrik karya siswa SMK, lanjut , juga terdapat kendaraan yang menggunakan tenaga surya atau solar cell. Menurut dia, hal ini sangat luar biasa apalagi tenaga surya merupakan salah satu sumber energi non fosil.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO