Gandeng Forkopimda, Uniska Kediri Gelar FGD

Gandeng Forkopimda, Uniska Kediri Gelar FGD Ketua Umum Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila yang juga Ketua Umum MUI, KH Anwar Iskandar (nomor 3 dari kiri), saat mengikuti acara FGD yang digelar Uniska Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com () menggelar Forum Group Discussion (FGD) tentang Wawasan Kebangsaan bertajuk 'Pembelajaran Bela Negara & Moderasi Beragama Melalui Game Digital dalam Prespektif Hilirisasi dan Inovasi', Selasa (17/10/2023).

Kegiatan ini mempertemukan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota , Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia , Ketua PCNU, Kepala Kantor Kemenag Kota , dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Semua pihak yang terlibat dalam forum diskusi nantinya diharapkan dapat memberikan saran dan masukan untuk pengembangan game digital bela negara bernama 'Anak Negeri' yang telah diciptakan oleh Dosen Fakultas Teknik , Riska Nurtantyo Sarbini.

Ia mengatakan, permainan digital 'Anak Negeri' merupakan permainan yang menggabungkan antara pembelajaran bela negara dan teknologi. Penemuan game ini, berawal dari kekhawatiran tim terhadap maraknya anak-anak yang menganggap bermain game sebagai sebuah kebutuhan, dan fakta bahwa tidak semua game digital memiliki konten yang selalu baik.

Riska menyatakan, 'Anak Negeri' dirancang untuk memenuhi kebutuhan anak-anak akan bermain game, namun juga mendidik mereka tentang pentingnya bela negara melalui konten yang disuguhkan di dalamnya.

“Kami ingin membuat sebuah game yang istilahnya adalah internalisasi dari kebutuhan anak-anak tersebut terhadap game tentang bagaimana mereka belajar bela negara”, ujar pria yang juga merupakan Dekan Fakultas Teknik itu.

Game ini, lanjut Riska, masih dalam tahap kecil dan ia berharap ke depannya, tim penemu mendapatkan saran dan kritik dari banyak perspektif agar dapat mengembangkan 'Anak Negeri' lebih baik lagi.

"Untuk itu, FGD wawasan kebangsaan ini diharapkan menjadi media yang tepat agar semua pihak dan stake holders dapat berjalan berdampingan bersama dalam mendidik anak bangsa melalui 'Anak Negeri'," pungkasnya.

Pengembangan game ini didukung penuh oleh Ketua Umum Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Anwar Iskandar. Selain itu, juga mendapatkan apresiasi dari Bupati , Hanindhito Himawan Pramana. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO