Beredarnya Isu Pengentalan Darah Akibat Konsumsi Kopi, ini Kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Beredarnya Isu Pengentalan Darah Akibat Konsumsi Kopi, ini Kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ilustrasi minum kopi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebuah akun media sosial X @ProfesorZubairi, Sabtu (30/9/2023), terkait unggahan kaitan antara golongan darah dan kebiasaan mengkonsumsi kopi sempat hebohkan warganet.

Penggungah, bernama Zubairi Djoerban merupakan dokter spesialis penyakit dalam sub spesialis hematologi-onkologi Rumah Sakit Kramat 128, Jakarta Pusat, menjelaskan dalam tulisannya, bahwa dirinya mendapatkan pertanyaan tentang apakah hubungan antara golongan darah O dengan kebiasaan mengkonsumsi kopi.

“Saya mendapatkan pertanyaan terkait hubungan golongan darah O dengan konsumsi kopi. Ada yang menyarankan untuk mengurangi kopi karena berpotensi terjadi pengentalan darah. Apakah benar?,” tulisnya.

Dalam pantauan BANGSAONLINE.com, pada Jumat (6/10/2023), telah dilihat lebih dari 63 ribu kali dan disukai sekitar 600 pengguna.

Lalu, apakah seseorang yang memiliki golongan darah O berpotensi mengalami pengentalan darah, apabila minum kopi?

Berikut penjelasannya.

Zubair mengatakan, hal itu tidak benar, orang dengan golongan darah O mengalami pengentalan darah akibat meminum kopi.

“Tidak benar, sebaliknya justru pemilik golongan darah lain yang cenderung mengalami pengentalan darah (trombosis) daripada pemilik golongan darah O,” jelas Zubairi.

Menurutnya, karena golongan darah O lebih sulit menimbulkan bekuan darah, serta lebih jarang mengalami pengentalan darah, lebih jarang terkena , penyakit jantung, dan pembekuan darah pada betis dibandingkan dengan golongan darah A dan B.

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO