Wali Kota Kediri Launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah dan QRIS Retribusi

Wali Kota Kediri Launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah dan QRIS Retribusi Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar (dua dari kanan), saat melaunching Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) dan QRIS Retribusi. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali , Abdullah Abu Bakar, melaunching () dan QRIS retribusi, Jumat (6/10/2023). dan QRIS retribusi ini merupakan kolaborasi Pemkot Kediri, , dan .

Penerapan telah tercantum dalam Perwali Nomor 29 tahun 2023 tentang tata cara penggunaan dan penyelenggaraan untuk pelaksanaan APBD di lingkungan Pemkot Kediri.

Hal ini sekaligus mengimplementasikan Permendagri Nomor 79 tahun 2022 tentang petunjuk teknis penggunaan dalam pelaksanaan APBD.

"Alhamdulillah, kerja sama yang kita jalin selama ini akhirnya membuahkan hasil dengan menumbuhkan ekosistem baru. Terutama dalam dunia keuangan pemerintah dan yang sedang berkembang saat ini. Terima kasih atas kolaborasi yang luar biasa bagus ini," kata pimpinan daerah yang akrab disapa itu.

Menurut dia, adanya ini akan mempercepat proses pengadaan di . Melalui , nantinya segala pembayaran atas belanja yang dibebankan pada APBD akan dipenuhi dulu oleh bank penerbit , yakni dan .

Saat ini, penggunaan diterapkan di BPPKAD, namun ke depan setiap OPD harus menggunakan .

"Tentu ini nanti akan mempermudah dan putaran ekonominya bisa lebih cepat. Ditambah lagi ada kebijakan TKDN dari Bapak Presiden. Harapannya penyerapam TKDN dan anggaran jauh lebih gesit," ungkapnya.

Ia menambahkan untuk pembayaran retribusi melalui QRIS ini adalah hal yang harus dilakukan. Sebab saat ini masyarakat sudah semakin terbiasa dengan cashless

Saat ini, kata , semua dilakukan secara digital di mana hal itu akan mempermudah, serta meminimalisasi persepsi orang mengenai uang berhenti di pemerintah.

Lihat juga video 'Pemkab Nganjuk Terima Mobil URC Sekaligus Launching E-Retribusi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO