Petrokimia Gresik Gelar Pertunjukan Wayang Kulit dengan Lakon Amarta Binangun

 Petrokimia Gresik Gelar Pertunjukan Wayang Kulit dengan Lakon Amarta Binangun Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo (kiri) menerima wayang dari dalang Ki Cahyo Kuntadi. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - , perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia menggelar pertunjukan di GOR Tri Dharma , Kecamatan , Jawa Timur, Jumat (29/9/2023) malam.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Ke-51 . Lakon dengan judul "Amarta Binangun" dibawakan oleh dalang Ki Cahyo Kuntadi. Ki Cahyo Kuntadi adalah dalang sekaligus Dosen Prodi Pedalangan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Dalam pertunjukannya, turut mendampingi bintang tamu pelawak Gareng Semarang dan pesinden Elisha Orcarus.

Direktur Utama , Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan, sebagai bagian dari BUMN harus aktif dalam merawat seni dan budaya. Salah satunya, pagelaran agar bisa tetap terjaga kelestariannya.

"Pagelaran rutin digelar setiap tahun, khususnya di momen ulang tahun perusahaan seperti tahun ini. Di usia yang ke-51, HUT harus menjadi momen untuk kita melestarikan budaya bangsa," ucap Dwi Satriyo.

Dwi Satriyo menambahkan, pertunjukan ini juga merupakan bentuk komitmen dalam menjaga keutuhan dan kebhinekaan Indonesia melalui kebudayaan. Karena nilai-nilai budaya mampu merekatkan semangat persatuan dan membangun serta menjaga kerukunan bangsa.

"Sejarah mencatat bersatunya bangsa ini karena budaya. Jangan sampai terjadi disintegrasi bangsa karena kita tidak peduli dengan seni budaya. Sejarah pun telah membuktikan bahwa seni budaya mampu merekatkan semangat persatuan sehingga kerukunan tetap terjaga," tuturnya.

Sementara lakon Amarta Binangun merupakan kisah pewayangan yang menceritakan perjuangan Pandawa membangun Kerajaan Amarta. Dalam perjalanannya, penuh dengan tantangan.

Kondisi ini selaras dengan upaya Insan mendukung Pupuk Indonesia dalam menciptakan masa depan baru sebagai perusahaan global berwawasan lingkungan dengan menerapkan Green Industry. Dibutuhkan inovasi dalam menghadapi tantangan dan persaingan yang tidak semakin mudah.

Dari kisah Amarta Binangun, juga memberikan inspirasi tentang ketekunan, kepemimpinan, dan perjuangan untuk membangun diri menjadi lebih baik. Kerjasama tim juga pelajaran berharga dari cerita ini, seperti Amarta Binangun membutuhkan bantuan dari berbagai karakter. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO