Wali Kota Kediri Beri Label Halal Sentra Kuliner Soto Ayam Bok Ijo Tamanan

Wali Kota Kediri Beri Label Halal Sentra Kuliner Soto Ayam Bok Ijo Tamanan Deretan kios yang menjual Soto Ayam Bok Ijo Tamanan, yang berada di komplek Terminal Bus Tamanan Kota Kediri. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Abdullah Abu Bakar, bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia , Choirur Rofiq, memberikan label halal kepada para pedagang Soto Ayam Bok Ijo Tamanan, Kecamatan Mojoroto, Rabu (20/9/2023). Kegiatan ini dalam rangka persiapan launching zona kuliner halal, aman, dan sehat (KHAS) Kota .

"Soto Tamanan atau Soto Ayam Bok Ijo merupakan soto paling legend di . Sekarang ini menjadi destinasi kuliner halal di Kota yang pertama kali, begitu juga di Jawa Timur. Kita kembangkan dengan Bank Indonesia, MUI, akademisi dan semuanya. Karena sekarang banyak turis-turis yang mencari makanan yang halal, aman, dan sehat," urai wali kota.

Label halal yang diberikan kepada pedagang soto tamanan yang berada di sebelah timur Komplek Terminal Bus Tamanan Kota itu dipasang di rombong jualan mereka. Hal tersebut menandakan bahwa mulai dari bahan baku, penyembelihan dan penyajian dilakukan secara halal.

Dengan diberi label halal pada Soto Ayam Bok Ijo Tamanan ini, wali kota berharap di tempat kuliner lain juga bisa mendapatkan label halal ini. Agar ketika orang datang untuk makan bisa yakin akan kebersihan dan kehalalannya. Dengan begitu, omset penjualan para pedagang semakin meningkat.

Tak lupa, ia juga berterima kasih kepada Bank Indonesia, paguyuban Soto Tamanan dan seluruh stakeholder termasuk juga UIN Tulungagung yang telah membantu Pemkot dalam mempersiapkan zona KHAS ini. 

"Jadi kita kemarin hampir 2 bulan mendiskusikan tentang hal ini dan akhirnya kita bisa aplikasikan di sini," tuturnya.

Agenda juga dihadiri para kepala OPD Pemkot , dan pedagang Soto Ayam Bok Ijo Tamanan. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO