Krengking, Olahan Rebung Asap Khas Bukit Gandrung Medowo Kediri

Krengking, Olahan Rebung Asap Khas Bukit Gandrung Medowo Kediri Endang saat menunjukkan olahan lodeh krengking. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ternyata ada menu istimewa di salah satu warung area Wisata Bukit Gandrung, Desa Medowo Kecamatan Kandangan, Kabupaten . Menu istimewa itu disebut oleh si empunya warung Mak Nyak, Endang Puji Astuti.

Krengking, disebut menu khas Medowo, karena selama ini di Kabupaten baru ada di kawasan Wisata Bukit Gandrung. Kalau di daerah lain, mungkin sudah ada seperti di daerah Lumajang yang disebut krecek rebung.

Krengking khas Medowo ini, terbuat dari rebung (anakan bambu) yang diolah sedemikian rupa, sehingga bila dimakan, rasanya seperti daging. Hal itu bisa terjadi, karena sebelum disajikan, rebung muda direbus sampai lunak. Kemudian diiris agak tebal, lalu dilakukan proses pengasapan menggunakan cara tradisional.

Untuk memasaknya juga butuh proses yang cukup panjang, sehingga menu ini tidak setiap saat ada di warung Mak Nyak. Biasanya, pengunjung akan pesan lebih dulu masakan khas ini. Krengking ini bisa diolah dengan menggunakan bumbu sesuai selera.

"Kalau di warung saya ini, diolah dengan bumbu lodeh campur tahu," kata Endang, kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (17/9/2023).

Menurut dia, pengunjung warungnya sering tertipu oleh rasa olahannya. Dikira yang dimakan itu adalah daging sapi, tetapi setelah dijelaskan kalau itu adalah olahan rebung, mereka terheran-heran. Kok bisa, rebung bambu muda, rasanya bisa seperti olahan daging sapi?

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO