Mulai 17 September 2023 Pendakian Gunung Prau Ditutup Sementara

Mulai 17 September 2023 Pendakian Gunung Prau Ditutup Sementara Mulai 17 September 2023 Pendakian Gunung Prau Ditutup Sementara. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pendakian Gunung Prau yang terletak di Jawa Tengah ditutup sementara mulai hari Minggu (17/09/2023). Hal itu dikarenakan sebagai upaya antisipasi kebakaran hutan yang rawan terjadi pada musim kemarau.

Kabar penutupan tersebut dibenarkan oleh salah satu pengelola Basecamp Prau via Patak Banteng bernama Mujib Syafii (Kang Pii).

"Pendakian Gunung Prau akan ditutup mulai 17 September 2023," ujar Mujib.

Informasi penutupan Gunung Prau juga telah diumumkan di akun Instagram resmi Gunung Prau @prau_mountain.

"Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Perhutani KPH Kedu Utara dan FKPI (Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia), dalam rangka antisipasi kebakaran hutan dan keselamatan pendaki, maka seluruh jalur pendakian Gunung Prau ditutup mulai tanggal 17 September 2023 sampai batas waktu yang belum ditentukan," tulis postingan Instagram tersebut.

Adapun penutupan jalur pendakian Gunung Prau pada bulan September ini memiliki perbedaan dari biasanya. Seluruh jalur pendakian biasanya akan ditutup sementara secara rutin setiap awal tahun.

Penutupan pada awal tahun biasanya ditujukan untuk beberapa keperluan, seperti antisipasi cuaca ekstrem, perbaikan jalur pendakian, dan pemulihan ekosistem.

Selain pendakian Gunung Prau, jalur lainnya yang ditutup ialah Gunung Slamet sejak tanggal 14 September 2023 dengan alasan yang sama.

(ans) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO