Pesona Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua di Pulau Jawa

Pesona Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua di Pulau Jawa Pesona Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua di Pulau Jawa. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Nasional Alas Purwo merupakan kawasan konservasi yang berada di ujung timur Pulau Jawa. Lokasi secara administratif berada di wilayah Kecamatan Tegal limo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Hutan tertua di Pulau Jawa ini kerap dikatkan dengan hal mistis dan angker oleh sebagian masyarakat. Namun, Alas Purwo memiliki pesona alam yang menakjubkan.

1. Luas 44.037 Hektare

Taman Nasional Alas Purwo membentang di atas lahan seluas 44.037 hektare. Taman ini terbagi menjadi sejumlah zona, meliputi zona inti, zona rimba, zona tradisional, zona rehabilitasi, zona khusus, zona pemanfaatan, serta zona religi, budaya dan sejarah.

2. Hutan tertua di pulau jawa

Dilansir dari laman Indonesia.go.id tertulis bahwa Alas Purwo merupakan hutan tertua di Pulau Jawa. Sebelum menjadi taman nasionak, Alas Purwo telah lebih dulu ditetapkan sebagai cagar alam pada tahun 1920.

Alas purwo memiliki 700 jenis flora, 15 jenis amfibi, 320 jenis burung, 50 jenis mamalia dan 48 jenis reptil.

3. Objek wisata yang lengkap

Alas Purwo memiliki ekosistem yang utuh di Pulau Jawa. Ekosistem yang dimiliki Alas Purwo mulai dari hutan, mangrove, pantai, hutan bambu, goa, dan savana.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO