Defisit Anggaran APBD Bangkalan Capai Rp35 Miliar

Defisit Anggaran APBD Bangkalan Capai Rp35 Miliar Rapat paripurna yang berlangsung di DPRD Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Eksekutif dan legislatif di  berupaya menutupi defisit APBD puluhan miliar rupiah melalui perubahan anggaran keuangan (PAK). Ketua DPRD , Efendi, mengatakan bahwa pemangkasan anggaran terjadi di semua instansi, sehingga defisit anggaran menjadi tantangan bagi pemerintah daerah.

"Defisit anggaran yang kita alami sekarang ini mencapai Rp35 miliar, sehingga harus memutar otak untuk menutupi kekurangannya pada PAK ini," ujarnya saat rapat paripurna, Rabu (30/8/2023).

Menurut dia, defisit anggaran memang terjadi di semua daerah dan setiap daerah juga kelimpungan dengan situasi keuangan yang minus tersebut. Dari postur APBD Rp2,3 triliun di tahun ini berkurang Rp35 miliar.

"Alhamdulillah kita mampu menutupi defisit yang terjadi, semua kegiatan fisik sudah tidak ada lagi dari DAK setelah perubahan ini, yang sebelum PAK saja harus segera dikontraktualkan agar segera bisa dilakukan penyerapan," paparnya.

Sementara itu, Plt Bupati , Mohni, menyatakan meski mengalami defisit yang tidak sedikit, pada PAK yang akan datang tidak akan ada perubahan yang signifikan pada kebijakan daerah.

"Kita tetap mengedepankan kepentingan yang langsung berdampak pada masyarakat. Memang dana yang ada sangat terbatas, keterbatasan itu tidak hanya dialami , melainkan seluruh Kabupaten atau Kota juga mengalami," katanya.

Ketika mengalami defisit, lanjut Mohni, daerah harus siap memutar otak untuk menutupi, seperti melakukan penghapusan pada beberapa kegiatan yang sudah direncanakan sejak awal.

"Tunjangan pada pegawai kami tiadakan, disemua instansi sudah tidak ada lagi kegiatan atau penyediaan anggaran yang langsung bersentuhan dengan pribadi, karena memang menjadi masalah nasional," pungkasnya. (fat/uzi/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO