Ratusan Warga Pagu Kediri Rela Antre Sejak Pagi Demi Beras Murah

Ratusan Warga Pagu Kediri Rela Antre Sejak Pagi Demi Beras Murah Camat Pagu, Nur Said bersama warga yang baru membeli beras murah. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Demi untuk mendapatkan beras dengan harga murah, ratusan warga yang didominasi emak-emak, rela antre sejak pagi di halaman Kantor Kecamatan Pagu, Kabupaten , Selasa (29/8/2023).

Acara yang sebenarnya baru dimulai pukul 09.00 WIB tersebut, sudah dipadati warga Kecamatan Pagu sejak pukul 06.30 WIB. Dalam pasar murah yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten bersama Bulog Cabang tersebut, setiap orang boleh membeli 2 pak beras dengan harga Rp45 ribu per pak, berisi 5 kg beras.

Umi Laila, salah satu warga, mengatakan, dengan adanya pasar murah ini, sangat membantu warga untuk bisa mendapatkan beras kualitas baik dengan lebih murah jika dibandingkan dengan harga di pasaran.

"Harga beras di pasaran saat ini ada yang mencapai Rp12 ribu per kg. Sedang harga beras di pasar murah ini, per kg-nya hanya Rp9 ribu," kata Umi sambil membawa beras dan menggendong anaknya.

Menurutnya, selama ini sebelum ada pasar murah, dia membeli beras di pasaran yang harganya antara Rp55 ribu sampai Rp65 ribu per pak yang berisi 5 kg. Sementara di pasar murah ini, harganya Rp45 ribu per paket.

"Jadi ada selisih harga yang lumayan, bisa buat beli kebutuhan yang lain," ucap warga Dusun Kauman, Desa Pagu itu.

Sementara itu, Camat Pagu Nur Said, mengaku senang dengan adanya pasar murah yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Pagu ini. Dengan adanya pasar murah ini, lanjut dia, tentunya akan memudahkan warganya untuk mendapatkan beras kualitas baik dengan harga di bawah harga pasar.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Bulog. Ada 8 ton beras dengan kemasan 5 kg yang dijual dengan harga Rp45 ribu per pak," kata Nur Said didampingi Arbai, Kabid Ketersediaan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Kabupaten .

Menurut Nur Said, selain 8 ton beras kualitas baik, di pasar murah ini juga disediakan beras premium sebanyak 2 kwintal dengan harga Rp12 ribu per kg. Kemudian juga disediakan telur sebanyak 1 kwintal dengan harga Rp23 ribu per kg, minyak goreng sebanyak 220 liter yang harganya Rp14 ribu per liter.

"Di pasar murah ini juga disediakan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, gula pasir, daging ayam frozen dan aneka kue," pungkasnya. (uji/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO