Dinsos Kota Kediri Sampaikan Mekanisme Baru soal Penyaluran PKH

Dinsos Kota Kediri Sampaikan Mekanisme Baru soal Penyaluran PKH Petugas Dinsos Kota Kediri saat melayani warga penerima manfaat. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kementerian Sosial () kembali menyalurkan program bantuan sosial periode Juli-Desember 2023. Pada penyaluran kali ini, membuat 2 skema penyaluran bansos menjadi per triwulan melalui PT Pos dan per dua bulan melalui Bank Himbara dan BSI.

Kepala Dinsos Kota , Paulus Luhur Budi, membenarkan adanya regulasi baru penyaluran bansos . Ia menyampaikan bagi KPM yang menerima bansos menjadi per dua bulan akan ada penyesuaian jadwal penyaluran dan besaran bantuan yang diterima.

“Memang benar jadi Program Keluarga Harapan () sudah mulai cair untuk bulan Juli hingga Agustus dan ada mekanisme baru dalam pencairannya sesuai surat dari tanggal 22 Agustus 2023 yang baru kita terima. Ini akan kita sampaikan ke pendamping untuk diteruskan ke KPM sehingga hal ini dapat dipahami,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (22/8/2023).

Paulus melanjutkan di bulan Agustus ini, dari total 9.391 KPM yang menerima bansos melalui Himbara, penyaluran bansos telah diproses bertahap dan sudah proses transfer ke 6.874 KPM. Untuk sisanya yakni 2.499 KPM masih proses verifikasi ulang rekening. Selanjutnya untuk pencairan melalui PT. Pos, total ada 2.144 KPM.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 154 KPM sudah proses transfer bansos dan 1.990 KPM masih proses verifikasi rekening. Selama proses penyaluran bansos , Paulus menuturkan akan melakukan koordinasi dengan bank atau pos penyalur dan pihak terkait serta melakukan monitoring agar penyaluran bantuan dapat berjalan tertib dan lancar.

“Karena bansos sudah ditransfer ke rekening masing-masing, para penerima manfaat tidak perlu panik, bisa di cek ke rekening masing-masing dan bisa diambil sewaktu-waktu. Kami dari Dinsos bersama dengan pendamping akan terus memantau pelaksanaan pencairan. Jika ada KPM yang tidak tahu informasi dan tidak mengambil bansos, tugas kita mendatangi mereka untuk mengingatkan,” tuturnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO