Kanwil Kemenkumham Jatim Jadikan Lapas Lamongan Pilot Project Pengendalian Perubahan Iklim

Kanwil Kemenkumham Jatim Jadikan Lapas Lamongan Pilot Project Pengendalian Perubahan Iklim Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari, saat berada di Lapas Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Isu lingkungan terkait polusi udara dan perubahan iklim yang sudah sangat memprihatinkan direspon cepat jajaran , yaitu dengan menjadikan Lapas sebagai pilot project pengendalian perubahan iklim. 

Lapas yang dipimpin Mahrus itu akan membangun Program Kampung Iklim (Proklim) yang merupakan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta penurunan emisi gas rumah kaca. Penetapan dilakukan oleh Kepala , Imam Jauhari, dan dihadiri Bupati Yuhronur Efendi, Minggu (20/8/2023).

"Program ini sejalan dengan program percepatan prioritas aktual presiden Jokowi, diantaranya memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan serta membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim," kata Imam.

Untuk itu, ia mengajak seluruh stakeholder khususnya masyarakat untuk mendukung program baik ini.

"Ini menjadi upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah," tuturnya.

Ke depan, Imam berharap kegiatan-kegiatan lain dapat mendukung keberlanjutan upaya adaptasi dan mitigasi iklim. Tentunya dengan adanya keterlibatan pihak eksternal dan pengembangan serta kebermanfaatan sosial, ekonomi, lingkungan, dan pengurangan risiko bencana iklim.

"Kegiatan yang positif ini dapat menjadikan Lapas sebagai Pilot Project dalam menciptakan Program Kampung Iklim di seluruh Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia nantinya," pungkasnya.

Sementara itu, Kalapas , Mahrus, mengatakan bahwa program ini akan memperkuat kemitraan berbagai pemangku kepentingan dalam menghadapi perubahan iklim, serta memfasilitasi penyebarluasan dan pertukaran informasi mengenai upaya baik (good practice) adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. 

Pasalnya, Proklim merupakan instrumen untuk mendorong aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat tapak, yang difokuskan pada penguatan kegiatan lokal.

"Kami akan menggandeng stakeholder terkait, di Kabupaten , seperti Dinas Lingkungan Hidup, UMKM, Pariwisata, BKSDA agar program ini senantiasa berkesinambungan," terangnya.

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO