Tertinggi di Jawa Timur, 1.931 Balita di Bangkalan Alami Stunting

Tertinggi di Jawa Timur, 1.931 Balita di Bangkalan Alami Stunting Rapat Tim Percepatan Penanganan Stunting di Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten menjadi salah satu daerah dengan peringkat ke-4 penyumbang tertinggi di Jawa Timur. Tercatat, ada 1.931 balita yang mengalami .

Kepala Dinas Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan Anak (KBP3A) , Sudiyo, menyatakan bahwa angka di wilayahnya sudah mengalami penurunan meski masih terbilang tinggi.

"Sekarang turun hingga 12,7 persen. Tahun lalu itu kita menjadi yang tertinggi mencapai 38,9 persen, kini turun menjadi 26,2 persen. Penurunan ini berdasarkan penilaian SSGI tahun 2022, persentasenya cukup signifikan," ujarnya, Selasa (8/8/2023).

Turunnya angka itu, lanjut Sudiyo, merupakan tren positif karena mampu berkurang secara bertahap. Ia menargetkan, di tahun ini bisa turun menjadi 18 persen dan pada 2024 bisa mencapai target nasional, yaitu 14 persen.

"Patut diapresiasi keberhasilan ini, ada 14 OPD yang termasuk dalam tim penanganan. Semoga tren penurunan ini mampu dilanjutkan, sampai target Nasional bisa tercapai di tahun 2024 nanti," pungkasnya.

Sementara itu, Plt Bupati , Mohni, bersyukur dan mengapresiasi semua instansi yang terlibat dalam penanganan . Capaian itu diharapkan terus memacu semangat Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) agar bisa mencapai target nasional.

"Memang untuk menurunkan hingga zero itu, tidak mungkin kami lakukan. Tetapi mampu turun dengan angka yang lumayan signifikan ini, sudah sangat luarbiasa. Semoga saja bisa terus turun bertahap, hingga mampu mencapai target Nasional dengan cepat," paparnya. (Fat/uzi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO