3 Kelurahan di Kota Kediri Resmi Jadi Kampung Moderasi Beragama

3 Kelurahan di Kota Kediri Resmi Jadi Kampung Moderasi Beragama Peresmian kampung moderasi beragama di Aula Kantor Kelurahan Burengan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Terdapat 3 kelurahan di yang diresmikan menjadi , yakni Burengan, Pakelan, dan Mojoroto. Program berasal dari Kementerian Agama () untuk membentuk sebuah wilayah atau lingkungan dengan sifat toleransi antarumat beragama.

"Jadi menjadi wilayah ketiga di Jawa Timur yang sudah memiliki kampung moderasi beragama. Kerukunan yang sudah dibangun oleh Wali dan pemerintah daerah membuat kegiatan ini bisa terlaksana," kata Kepala Kantor , Moh. Qayyim, Selasa (8/8/2023).

Menurut dia, kerukunan antar umat beragama di sudah sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut terbukti saat memperingati Hari Jadi yang ke-1144 beberapa waktu yang lalu.

"Beberapa hari lalu, Pemkot Kediri bersama dengan tokoh agama dan masyarakat menggelar doa bersama antara lintas agama dalam peringatan Hari Jadi ke-1144. Hal itu bukti jika kerukunan antar umat beragama di telah terjalin sejak lama," ujarnya.

Ia berharap dengan launching kampung moderasi beragama ini, dapat menjadi contoh di wilayah lain untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dan toleran dalam keberagaman.

"Semoga bisa menjadi barometer dalam kerukunan kehidupan bermasyarakat. Agar tercipta kehidupan masyarakat yang memiliki rasa saling menghargai dan menghormati perbedaan satu sama lain di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO