Gubernur Khofifah Sambut Kedatangan Kloter Terakhir Jemaah Haji dengan Salam dan Peluk

Gubernur Khofifah Sambut Kedatangan Kloter Terakhir Jemaah Haji dengan Salam dan Peluk Gubernur Khofifah ketika menyambut jemaah haji kloter terakhir. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur menyambut kedatangan jemaah haji kloter 87 yang tiba hari ini. Tinggal 1 kloter lagi yang dijadwalkan tiba di Asrama Haji Sukolilo, Jumat (4/8/2023).

Kedatangan orang nomor satu di Jawa Timur itu sebagai wujud syukur atas kepulangan semua Jemaah Haji Embarkasi Surabaya yang telah menyelesaikan ibadah di Tanah Suci, Mekkah.

juga bersalaman dengan para jemaah, bahkan beberapa di antaranya yang merupakan perempuan langsung memeluk mantan Menteri Sosial itu sembari meneteskan air mata karena kembali ke tanah air dengan selamat.

"Alhamdulillah semua kloter jemaah haji embarkasi Surabaya sudah pulang ke tanah air. Totalnya ada 88 kloter, kloter ke 88 ini nanti sebentar lagi juga akan tiba," kata gubernur kepada awak media.

Ia pun mengatakan bahwa akan dilakukan evaluasi oleh internal Kementerian Agama () dan dikoordinasikan dengan Kementerian Haji Saudi Arabia agar lebih baik memberikan pelayanan kepada jemaah haji tahun depan.

“Evaluasi bersama layanan terbaik bagi seluruh Jemaah haji, tentu tidak hanya dari Indonesia tapi seluruh dunia. Kita berharap proses yang sudah berjalan dalam pelaksanaan ibadah haji ini dapat terus dilakukan perbaikan," paparnya.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya, Husnul Maram, menyebut dari 38.360 jemaah terdapat 24 jemaah yang tinggal di Arab Saudi karena sakit. Dirinya juga mengapresiasi bantuan yang telah diberikan oleh dalam melancarkan haji tahun ini.

"Ada 24 jemaah yang masih harus tinggal di Arab Saudi karena sakit. Kita doakan semoga cepat sembuh dan bida kembali ke tanah air," ucapnya. (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO